• Selasa, 7 Desember 2021

Olah Raga Salah yang Benar Satu Cara untuk Turunkan Berat Badan

- Selasa, 23 November 2021 | 13:44 WIB
Olahraga untuk Turunkan Berat Badan/istockphoto.com
Olahraga untuk Turunkan Berat Badan/istockphoto.com

Edisi.co.id - Jika ingin menurunkan berat badan, berbagai cara dapat dilakukan. Salah satunya dengan berolaharaga. Olahraga  adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan penurunan berat badan dan tetap bugar.

Setidaknya ada 6 (enam) tips mudah yang bisa dicoba agar olahraga yang kita lakukan menjadi lebih efektif untuk turunkan berat badan.

1. Memiliki rencana

Bagi kita yang baru saja memulai olahraga atau pergi ke gym, pastikan kita telah memiliki rencana/program. Berolahraga tanpa bagan program yang tepat tidak hanya akan membuat olahraga menjadi kurang efisien, tetapi juga akan membuang banyak waktu dan kurang termotivasi.

Oleh sebab itu, fokuslah pada apa yang ingin kita lakukan, area tubuh mana yang ingin kita targetkan untuk dibentuk. Selanjutnya, atur semuanya supaya kita bisa mencapai tujuan akhir penurunan berat badan yang lebih sehat.

Baca Juga: Tiga Tanda Hubungan Seorang Pasangan Sehat

2. Jauhkan diri dari gangguan

Hal pertama yang harus kita lakukan saat memasuki sesi latihan adalah menjauhkan diri dari segala bentuk gangguan.

Ini bisa berarti menempatkan ponsel pada mode pesawat atau mematikan pikiran negatif kita selama melakukan olahraga.

Intinya, apa pun yang kita lakukan sebisa mungkin dapat meningkatkan kinerja, dan memberikan hasil yang signifikan terhadap penurunan berat badan.

3. Menyetel musik yang memacu semangat

Cara terbaik mengisi rutinitas olahraga adalah dengan menyetel musik yang memacu semangat, atau sesuatu yang membuat kita tetap berdiri dan rileks.  

Jika kita hanya fokus berolahraga dan menghindari semua kesenangan yang bisa didapatkan, kita mungkin akan bosan dan kehilangan minat.

Di sisi lain, hal ini juga dapat menghambat konsistensi kita pada rutinitas olahraga yang tentunya memengaruhi rencana penurunan berat badan.

Baca Juga: Arti Sidik Jari dalam Islam

4. Lakukan peregangan  

Sebelum memulai olahraga, ingatlah untuk melakukan peregangan. Peregangan dapat membantu otot melakukan pemanasan untuk setiap olahraga yang akan diikuti.

Para ahli juga merekomendasikan untuk beralih ke gerakan peregangan dinamis melalui berbagai peregangan yang membuat kita tetap aktif, meningkatkan suhu tubuh, dan detak jantung.

Pada gilirannya, peregangan bisa membantu meningkatkan fleksibilitas, serta memungkinkan kita untuk menuai manfaat maksimal dari setiap olahraga.

5. Luangkan waktu untuk beristirahat

Baik itu seorang pemula atau profesional terlatih, istirahat di antara rutinitas olahraga adalah poin yang sangat penting. Karena tanpa istirahat, kita mungkin akan merasa kelelahan dan kehilangan konsistensi.

Selain itu, kurang istirahat juga bisa membuat kita lebih rentan mengalami cedera, dan dapat berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan.

Seperti yang lainnya, tubuh juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan tertentu dan membutuhkan waktu untuk pulih.

Baca Juga: Viral....Erick Thohir Tegur Penjaga Toilet SPBU, Harusnya Toilet SPBU Gratis

6. Beralih ke latihan gabungan

Apabila kita benar-benar ingin mulai melihat beberapa hasil yang efektif, gunakan gerakan majemuk atau latihan yang menargetkan dan melibatkan banyak kelompok otot, bukan hanya satu.

Ini dapat membantu kita mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Latihan gabungan tidak hanya meningkatkan massa otot secara keseluruhan.

Tetapi juga membantu kita membakar kalori maksimum yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akibat Suka Begadang, Begini Jadinya

Senin, 6 Desember 2021 | 12:52 WIB

Ini 5 Manfaat Kulit Kentang, Simak Selengkapnya

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:00 WIB

Ini Manfaat Minum Teh Pahit, Simak Yuk

Kamis, 2 Desember 2021 | 11:39 WIB

Ini Amalan Muslimah Saat sedang Haid

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:40 WIB

Singkong Thailand, Cemilan Lezat

Rabu, 1 Desember 2021 | 15:01 WIB

Sambel Terasi Mudah

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:56 WIB

Cara Merawat Tanaman Hias Gantung

Rabu, 1 Desember 2021 | 11:21 WIB

Ini Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Rabu, 1 Desember 2021 | 10:35 WIB

Menerapkan Pola Hidup Sehat Dimasa Pandemi

Selasa, 30 November 2021 | 13:45 WIB

Mengenal Sate Maranggi, Makanan Khas Purwakarta

Senin, 29 November 2021 | 21:01 WIB
X