berita

Carut Marut Bank DKI, Ketua PWI Jakarta: Seharusnya Gubernur Berhentikan Jajaran Direksi

Rabu, 9 April 2025 | 21:24 WIB
Ilustrasi Bank DKI (Foto Istimewa)

Edisi.co.id - Pelaksana Tugas Ketua PWI DKI Jakarta, Ariandono Dijan Winardi, menyindir Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung sedang memainkan peran tebar pesona untuk membungkam kegaduhan nasabah Bank DKI. Direktur IT dikorbankan, Direksi Bank DKI 'diamankan'.

Ariandono mengatakan bahwa Gubernur DKI Pramono seharusnya memecat seluruh Direksi Bank DKI yang lalai dan tidak becus bekerja, sehingga menimbulkan kegaduhan nasabah.

"Kegaduhan akibat tidak bisa transaksi selama seminggu, apalagi saat menjelang hari raya Idulfitri, jelas merupakan kelalaian fatal Direksi Bank DKI. Rapat terbatas Gubernur DKI dan Direksi Bank DKI Selasa lalu hanya rapat tebar pesona, agar terlihat seakan-akan tegas," ungkap Ariandono.

Ariandono pun mempertanyakan kinerja Dirut Bank DKI dan Komisaris Bank DKI yang terkesan makan gaji buta tanpa menyelesaikan kegaduhan nasabah.

"Direksi Bank DKI telah mencoreng wajah perbankan Indonesia. BUMD Pemprov DKI, perusahaan percontohan, peraih penghargaan Top Digital Corporate Brand Award 2025 yang diterima pada Minggu, 23 Maret 2025 lalu, atau enam hari sebelum terjadinya gangguan, jelas merupakan kesalahan Direksi yang tidak bisa dimaafkan," kata Ariandono menegaskan.

Baca Juga: Kunjungi Donor Darah Akbar PMI Jakarta Utara, Fahira: Ini Kegiatan Spektakuler

Ariandono menambahkan, Direksi Bank DKI dan Komisarisnya seharusnya malu, jangan pasang wajah tak bersalah ke publik. Direktur IT seakan sengaja dikorbankan untuk melindungi petinggi Bank DKI lainnya.

"Seharusnya Direksi dan Komisaris kompak mundur, bukan diam aja saat Gubernur DKI minta Direktur IT Amirul Wicaksono dibebastugaskan," tegasnya lagi.

Ariandono mendukung langkah Gubernur DKI agar masalah ini digiring ke Bareskrim Polri untuk proses hukum lebih lanjut, menekankan pentingnya membangun kepercayaan publik terhadap Pemprov DKI Jakarta. Sebab menurutnya, perkara ini "sudah keterlaluan".

Saat ini, sejumlah layanan Bank DKI telah kembali beroperasi secara normal. Di antaranya layanan ATM Bank DKI untuk pembayaran, pembelian, transfer sesama/antar rekening Bank DKI, dan tarik tunai menggunakan kartu ATM Bank DKI atau kartu ATM bank lain di mesin ATM Bank DKI.

Kemudian layanan-layanan JakOne Mobile Bank DKI, CMS (Cash management system) Bank DKI layanan JakOne Pay Jakarta Tourist Pass, dan EDC Bank DKI.

Namun, untuk sementara layanan transfer ke bank lain menggunakan ATM Bank DKI, JakOne Mobile Bank DKI, dan CMS (Cash Management System) Bank DKI serta layanan top-up e-wallet (Gopay, OVO, DANA, & iSaku) belum dapat digunakan. Hal ini masih dikeluhkan oleh para nasabah di media sosial mereka.

Kronologi

Berdasarkan pantauan wartawan, gangguan layanan Bank DKI terjadi mulai malam takbiran 30 Maret lalu. Sejumlah akun di media sosial X kompak mengeluhkan kendala yang menghalangi layanan transaksi perbankan di bank tersebut.

Halaman:

Tags

Terkini

Takut Air Meluap Lagi, Outlet Situ 7 Muara Dibersihkan

Minggu, 21 Desember 2025 | 17:30 WIB