berita

Layanan Terpadu dan Digitalisasi Pembelajaran Antar Kemendikdasmen Raih Prestasi Internasional di ICXA 2025

Sabtu, 15 November 2025 | 14:28 WIB
Layanan Terpadu dan Digitalisasi Pembelajaran Antar Kemendikdasmen Raih Prestasi Internasional di ICXA 2025



Edisi.co.id, Jakarta - Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) kembali menorehkan prestasi pada ajang International Customer Experience Awards (ICXA) 2025 yang diselenggarakan di London, Inggris, Rabu (12/11/2025). Dua penghargaan berhasil diraih, yakni kategori Business Change or Transformation – Strategic Approach untuk program Transformasi Layanan Publik Terpadu Kemendikdasmen, serta kategori Business Change or Transformation – Over 5.000 Employees untuk inisiatif Digitalisasi Pembelajaran melalui Rumah Pendidikan.

Sekretaris Jenderal Kemendikdasmen, Suharti, menyatakan bahwa pencapaian ini menjadi bukti komitmen kementerian dalam menghadirkan inovasi dan transformasi digital untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran yang mendalam serta memperkuat layanan pendidikan yang setara dan ramah bagi seluruh pemangku kepentingan di Indonesia.

“Puji syukur kami mendapatkan dua penghargaan dari ICXA 2025, yaitu Best Business Transformation untuk kategori Strategic Approach dan Best Business Transformation untuk kategori Business Change or Transformation – Over 5.000 Employees,” ujar Suharti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/11).

Baca Juga: Di Podcast Halal with Expert, Wamen PKP Fahri Hamzah Tegaskan Halal adalah Konsep yang Menjaga Bumi

Suharti menjelaskan bahwa Kemendikdasmen telah meluncurkan super apps Rumah Pendidikan yang mengintegrasikan lebih dari 950 aplikasi layanan pendidikan ke dalam delapan ruang utama: Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Ruang Murid, Ruang Sekolah, Ruang Bahasa, Ruang Pemerintah, Ruang Mitra, Ruang Publik, dan Ruang Orang Tua.

Selain itu, penghargaan ini juga menjadi wujud komitmen Kemendikdasmen dalam memperkuat layanan publik terpadu melalui pemanfaatan teknologi guna mempercepat penanganan pengaduan masyarakat. Berbagai saluran layanan disediakan secara terintegrasi, antara lain Call Center 177, surat elektronik (email), WhatsApp, layanan daring melalui laman ult.kemendikdasmen.go.id, serta media sosial, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan dengan lebih mudah, cepat, dan terukur.

Melalui dua penghargaan ICXA 2025 ini, Suharti menegaskan bahwa Kemendikdasmen akan terus memperkuat tata kelola pelayanan publik yang adaptif terhadap kebutuhan masyarakat serta mendukung reformasi birokrasi yang berkelanjutan. Ia menekankan bahwa capaian ini merupakan hasil kerja kolaboratif seluruh unit kerja dalam merespons keluhan dan aspirasi masyarakat secara efektif dan solutif.

Baca Juga: Usai Salurkan Rp430 Juta ke Palestina, Gerai LAZ PERSIS Kota Tangerang Dapat Hibah Mobil, Siap Wujudkan Ambulans Gratis untuk Masyarakat

“Penghargaan ini menjadi bukti bahwa Rumah Pendidikan dapat diandalkan dan memberikan dampak positif bagi pemajuan pendidikan di Indonesia, terutama dalam mendukung Program Digitalisasi Pembelajaran sebagaimana diamanatkan dalam Instruksi Presiden Prabowo Nomor 7 Tahun 2025,” tutup Suharti.

Tags

Terkini

Takut Air Meluap Lagi, Outlet Situ 7 Muara Dibersihkan

Minggu, 21 Desember 2025 | 17:30 WIB