• Jumat, 12 Agustus 2022

Ciptakan Arus Balik Mudik Aman dan Sehat, Ini yang Dipersiapakan Ditjen Hubla

- Rabu, 4 Mei 2022 | 15:09 WIB
Kapal KM Kelud
Kapal KM Kelud

Edisi.co.id - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Mugen S Sartoto memastikan semua unsur terkait transportasi laut, khususnya para Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Operator Kapal di seluruh wilayah Indonesia siap menghadapi puncak arus balik pada moda transportasi laut Lebaran 1443 H/2022 yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 8 – 9 Mei 2022 mendatang.

"Kemenhub cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sudah mempersiapkan dengan baik untuk menghadapi puncak arus balik pada lebaran tahun 2022 ini termasuk antisipasinya jika terjadi lonjakan penumpang kapal. Saat ini memang belum puncak arus balik yang diperkirakan akan terjadi di minggu depan, tanggal 8-9 Mei 2022," kata Capt. Mugen saat memimpin Rakor kesiapan Angkutan Arus Balik via zoom meeting untuk 110 Pelabuhan Pantau pada Rabu (4/5).

Capt. Mugen menginstruksikan kepada semua para Kepala UPT dan Operator Kapal di seluruh penjuru tanah air harus tetap mewaspadai jika ada potensi atau masalah yang bisa berakibat terganggunya transportasi laut pada arus balik Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Villarreal vs Liverpool : 2-3, The Reds Lolos ke Final Liga Champions

“Intinya semua unsur dan petugas harus tetap jaga komunikasi dan koordinasi yang baik jika terjadi potensi atau masalah yang bisa mengganggu transportasi laut dengan semua instansi seperti Pemda setempat, TNI, POLRI dan unsur lainnya,” kata Capt. Mugen.

Menurut Capt. Mugen,khusus transportasi laut dengan prediksi puncak arus balik pada moda transportasi laut pada tanggal 8 sd 9 Mei 2022 mendatang, sehingga semua UPT dan para Operator Kapal harus sudah menyiapkan dengan baik dari sekarang.

“Saya berharap semua temen-temen di lapangan baik dari UPT dan Operator Kapal sudah menyiapkan semua sarana dan prasarana di semua pelabuhan, baik sarana sebelum di pelabuhan, di pelabuhan, di kapal, maupun pada saat proses embarkasi dan debarkasi para penumpang harus disiapkan sebaik mungkin untuk melayani para penumpang arus balik,” kata Capt. Mugen.

Baca Juga: Ramadhan Berlalu, Waketum PERSIS Ajak Umat Muslim Tetap Bangun di Waktu Sahur

Selain itu, lanjut Capt Mugen agar semua pihak juga menyiapkan online ticketing sehingga kesiapan kapal bisa diprediksi dengan baik termasuk untuk penambahan armada jika diperlukan dengan melakukan komunikasi dan koordinasi yang baik dan intensif dengan stakeholder terkait seperti Pemda atau Dinas Perhubungan setempat.

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BKKBN Gelar Pelatihan PKBR Bagi Remaja Bogor

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:18 WIB
X