• Jumat, 12 Agustus 2022

Kandang Sapi Betawi Muda, Potret Usaha Ternak Sehat di Megapolitan Jakarta

- Kamis, 30 Juni 2022 | 11:51 WIB
Sapi dari Usaha Ternak Bentang Muda Betawi
Sapi dari Usaha Ternak Bentang Muda Betawi

Edisi.co.id - Dua pekan jelang Iduladha merupakan masa-masa krusial bagi peternak untuk menambah stok hewan ternak di kandangnya. Permintaan biasanya tinggi, karena  Hari Raya Kurban semakin dekat. Panitia-panitia hewan kurban di mesjid-mesjid semakin sibuk mencari hewan kurban baik kambing maupun sapi ke segala penjuru.

Meski saat ini Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) melanda hewan ternak, permintaan hewan kurban terutama kambing dan sapi untuk Hari Raya Idul Adha diyakini masih tinggi.

Abdul Latif, pemilik Kandang Sapi Betawi Muda di Jakarta Selatan, meminta pemerintah terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak panik terhadap penyakit PMK saat ini.

Baca Juga: Innalillahi! Ustaz Amin Djamaluddin Meninggal Dunia, PERSIS: Kami Kehilangan Kader Terbaiknya.

"Kementerian Pertanian RI kan sudah menyampaikan bahwa PMK tidak berbahaya dan tidak menakutkan sama sekali," kata alumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) di Petukangan Utara, saat menerima kedatangan Forum Jurnalis Betawi (FJB), baru-baru ini.

Pria yang aktif di beberapa ormas Kebetawian seperti Permata MHT Jakarta Barat dan Asosiasi Pengusaha Betawi (Apebe) mengungkapkan, seluruh hewan ternak yang dijualnya punya surat kesehatan dari dinas terkait Provinsi DKI Jakarta. Seperti surat kesehatan sapi, supaya konsumen merasa aman dan nyaman karena hewan yang dibelinya bebas dari penyakit, seperti PMK.

"Kami menyediakan suratnya, karena konsumen cemas. Tapi di sini semua sapi sudah mengantongi surat kesehatan dari dinas terkait," tegas pria yang biasa disapa Bang Latif ini ramah. 

Baca Juga: Muhammadiyah Akan Memperkuat Basis Ekonomi Melalui Pengembangan Lembaga Kauangan Mikro

Kepada jajaran pengurus Forum Jurnalis Betawi, Bang Latif yang juga PNS di Kemenpora RI ini mengaku memulai usaha ternak ini bersama abangnya pada 2016. Kini jumlah hewan ternak potongnya sekitar 200 ekor terdiri atas kambing, sapi, dan kerbau. Tapi sesuai namanya, Kandang Sapi Betawi Muda memang lebih banyak menjual sapi limosin dengan berat di atas 280 kg hingga 1 ton (1.000 kg). 

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BKKBN Gelar Pelatihan PKBR Bagi Remaja Bogor

Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:18 WIB
X