Edisi.co.id – Dalam upaya mewujudkan operational excellence, PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) menggelar pelatihan Lean Six Sigma Simulation (LSS) di Makassar pada 11 November 2025. Kegiatan yang diikuti oleh 46 peserta dari seluruh divisi SPJM Grup wilayah Makassar ini menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi, kualitas layanan, dan daya saing di tengah dinamika industri maritim yang semakin kompetitif.
Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam sekaligus pengalaman praktis kepada para pekerja tentang metodologi Lean Six Sigma sebuah pendekatan manajemen yang menggabungkan prinsip Lean (penghapusan pemborosan) dan Six Sigma (pengurangan variasi dan cacat proses). Melalui simulasi interaktif, penggunaan perangkat lunak, studi kasus, serta analisis lesson learned, peserta dilatih untuk memecahkan masalah secara sistematis berbasis data dan fakta.
“Peningkatan kualitas pelayanan dan inovasi berkelanjutan adalah tugas seluruh pekerja di semua lini bisnis perusahaan,” ujar Tubagus Patrick, SVP Sekretaris Perusahaan SPJM. “Kami yakin penerapan metode Lean Six Sigma akan memperkuat strategi perusahaan dalam mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan meningkatkan daya saing.”
Baca Juga: Saksi Ahli Tempo: Putusan Dewan Pers Tidak Ditindaklanjuti, Bisa Lanjut Gugatan Pidana dan Perdata
Salah satu peserta, Supriyadi, menyambut positif pelatihan ini. “Saya belajar bagaimana mengidentifikasi akar masalah secara sistematis dan mensimulasikan solusinya. Ini memperkuat kesadaran bahwa setiap proses bisnis bisa terus diperbaiki untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan efisien,” katanya.
Sebagai Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang mengelola lima klaster bisnis—Marine, Equipment, Port Services, Dredging, dan Shipyard (MEPS) SPJM terus memperluas upaya transformasi operasional di seluruh wilayah kerjanya yang membentang dari Malahayati hingga Merauke. Perusahaan juga mengelola delapan anak usaha dan dua cucu perusahaan, serta menawarkan layanan terintegrasi one-stop solution bagi pelanggan domestik maupun internasional.
Pelatihan Lean Six Sigma ini menjadi langkah nyata SPJM dalam membangun budaya perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) dan kolaborasi lintas fungsi—dua pilar penting dalam mewujudkan visi operational excellence.