Edisi.co.id - Nominasi Grammy tahun ini menyoroti bahwa TikTok memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap industri musik.
Beberapa penyanyi yang masuk nominasi tahun ini seperti penyanyi lagu "abcdefu" Gayle dan artis R&B Muni Long, mendapatkan popularitas yang tinggi setelah para pemengaruh (influencer) dan pengguna TikTok mengunggah video menggunakan musik mereka.
"TikTok adalah 90 persen dari permainan," kata Adamm Miguest, CEO dan pendiri Rapid Launch Media yang membuat kampanye pemasaran agar lagu menjadi viral, sebagaimana dilaporkan Reuters, Minggu.
Baca Juga: Festival Cap Go Meh Singkawang Harus Jadi Perhatian Dunia
TikTok juga membantu Lizzo mendapatkan manfaat yang serupa.
Lagunya yang dinominasikan di Grammy, "About Damn Time", diketahui telah digunakan di lebih dari 4,1 juta video buatan pengguna, menurut data TikTok.
TikTok merupakan aplikasi yang sangat populer di kalangan kaum muda yang memiliki peran penting dalam membuat selera musik di pasaran.
Menurut data terbaru dari Midia, setengah dari konsumen berusia 16 hingga 24 tahun menggunakan TikTok setiap minggu dan 40 persen lainnya memerik aplikasi itu setiap hari.
Dengan demikian, TikTok menempati urutan kedua setelah YouTube sebagai tempat para Gen Z mencari musik baru.
"TikTok telah menjadi bagian dari cara anak muda berhubungan dengan musik, menemukan musik, dan mengonsumsinya," kata analis industri musik Midia, Tatiana Cirisano.
Baca Juga: Game The Crew Motorfest Diluncurkan Tahun Ini
Miguest, yang pernah bekerja untuk Long, Curtis Waters, dan kolaborasi antara Lizzo dan Cardi B, mengatakan TikTok bekerja untuk para musisi karena pengguna mereka ikut serta dalam promosi.
"Setelah melihat video tarian kreator, mereka menirunya untuk bersenang-senang. Tapi, mereka menjadi bagian dari yang mempopulerkan lagu itu," kata Miguest.
Kepala musik global TikTok Ole Obermann mengatakan bahwa video TikTok kini mampu menjadi alat bagi para musisi untuk menjalin hubungan dengan penggemar.
"Jika orang dulu terobsesi dengan kaset atau playlist, sekarang orang menghabiskan berjam-jam untuk membuat video yang sempurna dengan lagu yang sempurna di TikTok," ujar Obermann.