• Senin, 24 Januari 2022

Satgas Covid -19 Kabupaten Bogor Resmi Terapkan Aturan Ganjil-Genap Kendaraan Bermotor

- Kamis, 9 September 2021 | 10:50 WIB
Suasana kendaraan bermotor di area kawasan menuju puncak ( Photo : bogor.suara.com)
Suasana kendaraan bermotor di area kawasan menuju puncak ( Photo : bogor.suara.com)

 

Edisi.co.id- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Bogor resmi menerapkan aturan ganjil-genap kendaraan bermotor untuk wilayah Puncak Bogor dan Sentul, setelah pada minggu kemarin melaksanakan ujicoba tersebut.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, uji coba ganjil genap diberlakukan selama dua kali akhir pekan sejak 3 September 2021. Ada tujuh titik pemeriksaan ganjil genap di Jalur Puncak Bogor, yaitu Pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di kawasan Sentul.

Pada uji coba ganjil genap tersebut, setiap kendaraan pribadi yang plat nomornya tidak sesuai angka genap atau ganjil pada tanggal itu akan diputar balik arah. Namun, ada sejumlah jenis kendaraan yang masuk dalam kategori pengecualian penerapan sistem ganjil genap, yaitu armada pemadam kebakaran, ambulance, tenaga medis, kendaraan dinas TNI-Polri, angkutan umum, angkutan online, serta angkutan logistik.

Penerapan ganjil genap Puncak Bogor dan Sentul itu turut disetujui oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Bahkan, Luhut memuji Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap pada akhir pekan di Jalur Puncak.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan di Kabupaten Bogor, yakni penerapan pembatasan mobilitas dengan sistem ganjil genap untuk kendaraan yang akan masuk ke Puncak,” ujar luhut saat rakor evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara virtual, mengutip dari Antara.

Menurutnya, upaya pembatasan mobilitas warga itu berkontribusi dalam mengendalikan euforia masyarakat seiring penurunan level penerapan PPKM.

“Hal ini bisa mengendalikan pergerakan masyarakat yang terus meningkat seiring turunnya level PPKM. Kami juga akan terus memonitor perkembangan harian di Jawa dan Bali,” kata Luhut.

Kapolres Bogor AKBP Harun menyebutkan bahwa pihaknya mencatat penerapan sistem ganjil genap di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dalam sehari berhasil mereduksi 3.602 kendaraan roda empat dari arah Jakarta.

“Ada selisih 3.602 kendaraan saat diberlakukan uji coba ganjil genap, sesuai data kendaraan dari Jakarta yang keluar di Pintu Tol Ciawi,” kata Harun.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Terkini

Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Beroperasi Hari ini

Senin, 24 Januari 2022 | 19:24 WIB

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ruang Pintar

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:06 WIB

Pemerintah Kota Depok Sedia Keran Air Siap Minum

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:10 WIB

Diduga Bandar Narkoba Suap Kapolrestabes Medan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:05 WIB
X