• Selasa, 26 Oktober 2021

Melalui Program Mageri Segoro, Polda Jateng Raih Rekor MURI Tanam 1 Juta Mangrove

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:13 WIB
Polda Jateng saat tanam mangrove
Polda Jateng saat tanam mangrove

Edisi.co.id– Polda Jawa Tengah (Jateng) berhasil memecahkan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) setelah melakukan penanaman 1 juta bibit tanaman bakau (mangrove) di sepanjang muara sungai maupun pantai yang diselenggarakan oleh Polda Jawa Tengah melalui program "Mageri Segoro".

Sebelumnya rekor ini dipegang oleh Polda Sumatera Utara yang telah menanam 280 ribu pohon mangrove. Penghargaan yang didapatkan Polda Jateng diserahkan langsung oleh perwakilan MURI kepada Kapolda Jateng di lokasi kegiatan yang dipusatkan di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Selasa (12/10).

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Rudianto dan Gubenur Jateng Ganjar Pranowo.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam sambutannya di Demak, mengungkapkan bahwa "mageri segoro" atau memagari laut sebagai upaya membuat pagar hidup di daerah-daerah baik di muara sungai maupun pantai.

Baca Juga: DP3AP2KB Kabupaten Bogor Sosialisasi Stunting di 14 Kecamatan

Program "mageri segoro" di wilayah Bedono, Polda Jateng merangkul 470 komunitas dan Forkompinda untuk menanam pohon mangrove. Setiap lokasi ditargetkan menanam 10.000 pohon mangrove dan dilakukan serentak di 16 Polres.

Dengan adanya program penghijauan tersebut, diharap menjadi pemantik masyarakat agar tergerak hatinya untuk melestarikan lingkungan hidup serta menjaga garis pantai.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengaku bersemangat mengikuti kegiatan ini karena isu penurunan tanah di Jateng, khususnya Pantura sudah sangat serius. Karena itu, gagasan Kapolda menanam 1 juta mangrove melalui sangat diapresiasi.

"Kami siap untuk selanjutnya nge-gas pol kegiatan penanaman mangrove ini. Kami senang karena Dinas Lingkungan sudah mendapat partner dalam pelestarian lingkungan," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LRT Jabodetabek Tabrakan di Jalur Layang Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:21 WIB

Sesama Bus Transjakarta alami Tabrakan

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:45 WIB

Ini Kriteria Penerima Insentif Kartu Prakerja

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:27 WIB

Al-Iman Selenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:26 WIB
X