• Minggu, 23 Januari 2022

Ekstrak Ganja Bisa Mencegah Covid-19

- Jumat, 14 Januari 2022 | 11:10 WIB

Edisi.co.id - Penelitian baru menyimpulkan bahwa ekstrak ganja dapat memegang kunci untuk mengalahkan varian baru. Riset ini telah dipublikasi Journal of Natural Products pada Senin (10/1).

Tim ilmuwan di University of Oregon mengisolasi dua senyawa dari ganja yakni asam cannabigerolic (CBGA) dan asam cannabidiolic (CBCBDA).

Dua senyawa itu mengikat protein lonjakan virus corona dan di gilirannya mencegahnya dari mengikat ke membran luar sel manusia.

CBGA dan CBDA"bukan zat yang dikendalikan seperti THC, bahan psikoaktif dalam ganja, dan memiliki profil keamanan yang baik pada manusia," kata Richard van Breemen, seorang peneliti di Pusat Inovasi Hemp Global Oregon State.

Baca Juga: Bupati Panajam Paser Utara Terjaring OTT KPK Saat Berada Di Mall

"Senyawa ini dapat dikonsumsi secara oral, dan memiliki potensi untuk mencegah serta mengobati infeksi oleh virus corona"Van Breemen menambahkan

CBGA dan CBDA efektif melawan varian Alpha dan Beta dari virus corona, penelitian itu dilakukan pada sel manusia di laboratorium.

Penelitian tersebut menekankan bahwa ekstrak ganja saja tidak cukup untuk mencegah orang agar tidak terinfeksi COVID-19. Dalam hal ini, kedua ekstrak ganja itu harus dikombinasikan dengan vaksin corona

Ilmuwan melihat senyawa ganja ini akhirnya digunakan bersama vaksin untuk menciptakan “lingkungan yang jauh lebih menantang” untuk Covid-19.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diduga Bandar Narkoba Suap Kapolrestabes Medan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:05 WIB

Beberapa Khasiat Gurita untuk Kesehatan

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:59 WIB

Kota Depok Akan Mengembangkan Lebah Trigona

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:07 WIB

Bank Indonesia Diretas Ransomware Conti

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:34 WIB

Seorang Pria Hilang Saat Melewati Sungai

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:40 WIB
X