Tingkatkan Kemampuan Tim Satgana, PMI Kota Tangerang Gelar Simulasi Manajemen Tanggap Darurat Bencana

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 21:03 WIB
Palang Merah Indonesia PMI Kota Tangerang lakukan simulasi Manajemen Tanggap Daarurat Bencana (MTDB) di halaman markas PMI Kota Tangerang selama dua hari
Palang Merah Indonesia PMI Kota Tangerang lakukan simulasi Manajemen Tanggap Daarurat Bencana (MTDB) di halaman markas PMI Kota Tangerang selama dua hari

Edisi.co.id, Tangerang - Palang Merah Indonesia PMI Kota Tangerang lakukan simulasi Manajemen Tanggap Daarurat Bencana (MTDB) di halaman markas PMI Kota Tangerang selama dua hari. Minggu, (21/08/22).

Simulasi ini melibatkan tim satgana PMI Kota Tangerang sebanyak 60 orang yang di antaranya Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela ( TSR ), SIBAT dan Perwakilan PMI Kecamatan.

“Kerawanan bencana di beberapa wilayah Kota Tangerang merupakan tantangan bagi PMI. PMI dituntut untuk dapat menjadi organisasi yang kreatif, tanggap, siap siaga dan antisipatif terhadap kemungkinan kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang, terutama masyarakat yang rentan terhadap resiko bencana,” terang Oman Jumansyah ketua PMI Kota Tangerang.

Baca Juga: Stasiun Gambir dan Pasar Senen Sediakan Layanan PCR Untuk Pelanggan KA yang Belum Booster

Oman menambahkan, PMI Kota Tangerang memerlukan pelatihan MTDB untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan tanggap darurat bencana di wilayah kota Tangerang. Mampu mengidentifikasi kendala dan permasalahan dalam setiap penanganan operasi bencana di wilayah Kota Tangerang yang pernah dilaksanakan. Mengidentifikasi solusi-solusi strategis untuk menghadapi segala kendala yang muncul di lapangan. Selama proses operasi tanggap darurat bencana dengan peningkatan kapasitas markas dan SDM dalam simulasi MTDB.

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Kota Tangerang Agus Gilang Prabowo mengatakan kegiatan simulasi ini merupakan hasil dari pelatihan MTDB yang di laksanakan oleh PMI Provinsi Banten yang dilaksanakan pada bulan lalu.

Baca Juga: 3 Cottage Putri Duyung Ancol Terbakar, Tidak ada Korban Jiwa

“Diharapkan dengan simulasi ini, peserta dapat memahami MTDB PMI. Peserta dapat melakukan kesiapsiagaan terhadap bencana di wilayahnya terutama relawan yang ada di sekitar wilayah rentan bencana. Relawan PMI lebih tanggap dan terstruktur dalam memberikan pelayanan respon bencana sesuai juklak PMI. Selanjutnya dapat membuat rencana operasi yang matang dan baik, memiliki kemampuan manajerial yang baik dan mampu mengorganisir kegiatan masyarakat yang terkait pengurangan resiko bencana,” jelasnya.

Baca Juga: Polri Pastikan Kabar Temuan Bunker Rp900 Miliar di Rumah Ferdy Sambo tidak Benar

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

IPeKB Jawa Barat Gelar Rakerda 2023

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:49 WIB

Tak Mempan Bujuk Rayu Parpol Gaet Kaesang

Kamis, 26 Januari 2023 | 14:54 WIB

Dishub dan Satlantas Depok Tutup Lima U-Turn GDC

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:20 WIB

BKD Depok Targetkan PBB-P2 Sebesar 385 Miliar

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:16 WIB

Loksem JP 44 di Pegangsaan Selesai Direvitalisasi

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:03 WIB
X