KAI Masih Menyediakan Layanan Penjualan Tiket Kereta Api Jarak Jauh Hingga 30 April 2021

photo author
- Rabu, 21 April 2021 | 16:19 WIB
9
9

Edisi.co.id - Pemerintah Jokowi melarang kegiatan mudik Lebaran pada 2021 mulai 6 hingga 17 Mei 2021. Namun, sesuai kesepakatan kesehatan yang ditetapkan pemerintah, masyarakat masih bisa menggunakan layanan kereta jarak jauh hingga 30 April mendatang.

"Perjalanan Kereta Api saat ini masih mengacu pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Jonny mengungkapkan, hingga saat ini KAI baru menawarkan penjualan tiket KA jarak jauh hingga 30 April 2021. "Sejauh ini, tidak ada pembatasan jam operasional Kereta Api seluruh perjalanan masih sesuai dengan jadwal yang tertera pada tiket," ujarnya.

Adapun untuk pemberangkatan pada bulan Mei, perseroan masih menunggu pemerintah memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai detail penataan angkutan KA tersebut.

Jonny menegaskan, KAI mendukung penuh kebijakan pemerintah terkait pengaturan moda transportasi selama masa mudik. KAI berkomitmen mendukung pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Diantaranya, mulai 6 April 2021, pelanggan KA jarak jauh akan mendapatkan alat kesehatan yang berisi masker KF94 dan tisu desinfektan. Selain itu, untuk memenuhi persyaratan perjalanan jarak jauh, KAI menyediakan layanan inspeksi GeNose C19 di 44 stasiun dengan harga Rp30.000, dan memberikan antigen rapid test di 42 stasiun dengan harga Rp85.000.

"Penyediaan ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan agar para pelanggan tetap merasa aman dan nyaman saat menggunakan KA Jarak Jauh," ujarnya.

Joni menjelaskan, di bulan Ramadhan ini, KAI menyambut pelanggan yang ingin sahur dan berbuka dalam perjalanan kereta jarak jauh. Untuk kereta jarak pendek dengan perjalanan kurang dari 2 jam, makan dan minum diperbolehkan khusus pada waktu berbuka puasa dalam waktu paling lama satu jam.

Bagi pelanggan yang ingin membeli makanan dan minuman di kereta jarak jauh, layanan ini bisa didapatkan di gerbong makan atau melalui pramugari yang sedang jaga. Untuk kenyamanan, pelanggan dapat memesan makanan dan minuman melalui aplikasi KAI Access di menu Lokomart.

"Pemesanan juga dapat dilakukan melalui WhatsApp di nomor 0811 1061 2121," ujarnya.

Jonny menambahkan, mulai 6 April 2021, pelanggan KA jarak jauh akan mendapatkan alat kesehatan yang berisi masker KF94 dan tisu desinfektan. Pemberian ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan agar pelanggan tetap merasa aman dan nyaman saat menggunakan KA jarak jauh.

"(Jadi) perjalanan Kereta Api saat ini masih mengacu pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 12 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 27 Tahun 2021," ujarnya.

(MR)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Ilham Ramadhan

Tags

Rekomendasi

Terkini

Takut Air Meluap Lagi, Outlet Situ 7 Muara Dibersihkan

Minggu, 21 Desember 2025 | 17:30 WIB
X