• Kamis, 8 Desember 2022

Kijang Innova Zenix diproduksi di pabrik Karawang

- Kamis, 24 November 2022 | 10:20 WIB

Edisi.co.id Kijang Innova Zenix hybrid turut meramaikan lini produksi mobil Toyota di Indonesia. Kijang Innova Zenix diproduksi di pabrik Karawang Plant I milik PT Toyota Motor Manufactruing Indonesia (TMMIN).

Ini juga merupakan kali pertama Toyota memproduksi mobil hybrid di dalam negeri.

Tidak cuma itu, Kijang Innova Zenix Hybrid juga menorehkan sejarah sebagai model elektrifikasi pertama Toyota Indonesia yang diekspor ke 13 negara di kawasan Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Langkah tersebut sesuai dengan komitmen untuk terus berkontribusi pada neraca perdagangan Indonesia. Keseluruhan Kijang Innova baru ini direncanakan melanglang ke lebih dari 40 negara, mulai dari Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah dengan rencana volume sebesar 8.500 unit/tahun pada tahun pertamanya.

Baca Juga: Foto: Tim Softball Putri Tangerang Kota VS Kabupaten Lebak Berebut Emas di Porprov Banten 2022

Di Karawang Plant I TMMIN, Kijang Innova Zenix bakal diproduksi bersama dengan Toyota Fortuner. Di pabrik ini, Toyota memiliki kapasitas produksi hingga 130.000 unit per tahun.

Selain Innova Zenix dan Fortuner, Toyota memang diketahui memproduksi beberapa model lain di Tanah Air. Adapun mobil Toyota 'Made in Indonesia' itu yakni Yaris, Vios, Veloz, Calya, dan Sienta yang diproduksi di pabrik Karawang II. Dalam setahun, pabrik itu bisa melahirkan 120.000 unit mobil bila seluruh kapasitas dimaksimalkan.

Belum habis sampai di situ, ada juga beberapa model Toyota yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor. Seluruh model Toyota yang diproduksi di pabrik Daihatsu itu merupakan mobil kembar. Artinya Daihatsu juga memproduksi mobil yang sama seperti Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Toyota Agya-Daihatsu Ayla, Toyota Rush-Daihatsu Terios, hingga Toyota Raize-Daihatsu Rocky.

Di luar itu, keberadaan Kijang Innova Zenix ini memberikan lapangan pekerjaan baru untuk 1.000 orang. Pun dalam pengembangannya, Toyota menggandeng lebih dari 100 rantai pasok lokal pertama selain pemasok lokal lapis kedua dan ketiga. 8 pemasok lokal juga terlibat dalam perakitan baterai Kijang Innova hybrid di pabrik TMMIN.***

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferrari f50 Harus di Dorong Untuk Menjalan Mesin V12

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:35 WIB

Porsche Meluncurkan Project NFT

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:05 WIB

De tomaso P900, Hypercar khusus Track-only Meluncur

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:15 WIB

Kijang Innova Zenix diproduksi di pabrik Karawang

Kamis, 24 November 2022 | 10:20 WIB

Motor Matik Irit BBM Enggak Perlu Mikir Servis?

Rabu, 23 November 2022 | 13:06 WIB
X