Edisi.co.id, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi membuka kegiatan “Choose Jakarta 2025 – Goes to Paris” di Galerie Joseph, Paris, pada Rabu (8/10). Kegiatan ini merupakan langkah strategis Pemprov DKI Jakarta untuk memperkuat diplomasi perdagangan, pariwisata, dan budaya melalui partisipasi aktif pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) yang kini menembus pasar Eropa.
Kegiatan yang berlangsung pada 8–11 Oktober 2025 ini menghadirkan lebih dari 20 pelaku usaha terkurasi dari sektor fesyen, kuliner, dan kriya yang menampilkan produk unggulan dan identitas kreatif Jakarta kepada publik internasional. Selain pameran produk, acara juga memfasilitasi pelaksanaan business forum & business matching, talkshow tematik, trunk show, serta pentas budaya Betawi untuk menarik minat pengunjung.
“Kegiatan Choose Jakarta bukan sekadar membuka pasar, tetapi memperkenalkan semangat dan karya anak Jakarta ke panggung dunia. Bagi pelaku UMKM, inilah saatnya berani melangkah ke pasar global, menunjukkan jati diri Jakarta yang kreatif, tangguh, dan berdaya saing,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Rano Karno, dalam sambutannya, Rabu (8/10).
Baca Juga: PP PERSIS Sampaikan Duka Cita atas Musibah di Pesantren Al Khoziny, Minta Masyarakat Tidak Salahkan Pesantren
Inisiatif “Choose Jakarta 2025” merupakan bagian dari program prioritas Pemprov DKI Jakarta dalam mendukung visi Jakarta sebagai kota global dan berbudaya, sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Jakarta. Melalui kegiatan ini, Pemprov DKI Jakarta berupaya memperluas diplomasi ekonomi dan budaya sekaligus membuka akses pasar global bagi UMKM yang telah menjalani kurasi dan pendampingan sesuai standar internasional.
“Dari Monas hingga Menara Eiffel, kita ingin menegaskan bahwa Jakarta punya daya cipta yang layak diperhitungkan dunia. Inilah wajah baru Jakarta, sebuah kota global yang tetap berakar pada budaya, dan membuka peluang bagi semua, termasuk UMKM dan enterpreneur dari kalangan muda,” tutur Wagub Rano.
Untuk diketahui, “Choose Jakarta” merupakan platform promosi terpadu yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menampilkan potensi perdagangan, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Edisi tahun 2025 di Paris ini menjadi langkah strategis memperkenalkan wajah baru Jakarta, modern, inklusif, dan berdaya saing global.
Baca Juga: MUI, Muhammadiyah dan PERSIS Tegas Tolak Kehadiran Atlet Israel di Kejuaraan Senam Dunia di Indonesia
Lebih dari sekadar program promosi, “Choose Jakarta 2025” dirancang sebagai wadah diplomasi ekonomi dan budaya antara Jakarta dan Paris. Kegiatan ini juga sebagai upaya dalam memperkenalkan kekuatan ekonomi kreatif dan potensi ekspor produk unggulan Jakarta. Selain itu, juga menjadi ruang pertukaran nilai, gaya hidup, dan ide-ide kreatif antara dua kota dunia yang sama-sama kaya budaya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, menegaskan, produk UMKM Jakarta dapat bersaing di pasar global.
“Kami ingin memastikan bahwa produk Jakarta tidak hanya bersaing di dalam negeri, tetapi juga memiliki ruang di pasar Eropa dan dunia. Melalui kegiatan “Choose Jakarta 2025”, kami membangun jembatan kolaborasi agar UMKM bisa naik kelas, go digital, dan go global,” jelas Ratu.
Baca Juga: Mahfud MD Soroti Gaya Berani Menkeu Purbaya, Sebut Warna Baru di Keuangan Negara
Ratu menambahkan, inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat jejaring antara pelaku usaha, seniman, dan desainer, sekaligus membuka peluang kerja sama jangka panjang dengan berbagai mitra internasional, dari pembeli, kurator, hingga investor.
Kegiatan “Choose Jakarta 2025” merupakan bagian dari rangkaian program berkelanjutan Pemprov DKI Jakarta untuk mempromosikan potensi UMKM di pasar internasional. Pemprov DKI Jakarta berencana memperluas inisiatif serupa ke kota-kota global lain seperti Tokyo, London, dan New York, dalam kerangka besar Jakarta Global City Branding.
Dengan dukungan KBRI Paris, diaspora Indonesia, serta mitra internasional, Jakarta menegaskan perannya sebagai kota yang tidak hanya menjadi pusat ekonomi nasional, tetapi juga simbol kolaborasi budaya dan kreativitas global.
Baca Juga: Lewat Sambungan Video Call, Prabowo Dukung Timnas: Do Your Best and Give Us Good News
Pemprov DKI Jakarta berharap agar memberikan dampak ekonomi nyata bagi pelaku UMKM Jakarta, membuka jaringan baru, meningkatkan ekspor, serta memperluas citra positif Jakarta di mata dunia sebagai pusat inovasi kreatif Asia Tenggara.
Artikel Terkait
Hadiri Rapimpurda KNPI DKI, Wagub Rano Ajak Generasi Muda Kolaborasi Bangun Jakarta
Wagub Rano Apresiasi Karya Siswa SMK, Dorong Semangat Wirausaha Muda
Jelang Jakarta Film Week 2025, Wagub Rano: Ajang Perluas Jaringan Lewat Perfilman
Hidupkan Kawasan Pasar Baru, Wagub Rano Resmikan Rute Baru Open Top Tour of Jakarta