• Sabtu, 29 Januari 2022

Pemprov DKI Jakarta Evakuasi Batu Penggilingan Peninggalan Abad ke-18 yang Ditemukan di Pasar Rebo

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 12:16 WIB
Batu Penggilingan Abad ke-18 yang Ditemukan di Pasar Rebo/Kominfo Jakarta
Batu Penggilingan Abad ke-18 yang Ditemukan di Pasar Rebo/Kominfo Jakarta

Edisi.co.id - Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta melakukan pemeriksaan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) Penggilingan">Batu Penggilingan abad ke-18 bersama Pusat Konservasi Cagar Budaya dan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, mengatakan, ODCB Penggilingan">Batu Penggilingan yang diperkirakan berusia ratusan tahun tersebut ditemukan di Jalan TB. Simatupang, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, lalu dievakuasi ke Balai Budaya Condet agar pengawasannya lebih optimal.

"Ini merupakan upaya pelindungan dan agar objek lebih terlindungi, karena selama ini berada di atas jalan yang rentan rusak, baik karena atau cuaca tindakan vandalisme," ujar Iwan, Sabtu (30/10).

Baca Juga: Lepas Kontingen Paralimpik DKI, Gubernur Anies: Atlet Paralimpik Contoh Pribadi Tangguh

Lebih lanjut, Iwan mengatakan, selain ditemukan di Jalan TB. Simatupang, ODCB Penggilingan">Batu Penggilingan juga ditemukan di Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, dan Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Di wilayah Kelurahan Penggilingan, Iwan menyebut terdapat lima Penggilingan">Batu Penggilingan yang ditemukan. Selanjutnya, Penggilingan">Batu Penggilingan akan dikonservasi melalui perbaikan dan dilakukan beberapa perbaikan bagian objek yang mengalami kerusakan.

Perlu diketahui, Penggilingan">Batu Penggilingan merupakan alat pengolah tebu yang diperkirakan digunakan pada abad ke-17-18 Masehi. Dalam tulisan Haan (1935: 323-324), terdapat istilah suikermolen yang berarti pabrik pembuatan gula. Pada abad ke-18, istilah pabrik pembuatan gula ini merujuk pada pabrik gula dengan peralatan tradisional sederhana yang menggunakan batu untuk menggiling tebu. 

Baca Juga: Cara Mengenali Stroke, Ingat Slogan SeGeRa Ke RS

Pada masa itu, gula menjadi salah satu komoditas penting untuk perdagangan di dunia. Batavia adalah salah satu daerah penghasil gula, di mana hasilnya diekspor ke Cina dan Jepang. Produksi gula di Batavia dilakukan oleh orang-orang Cina yang bermukim di wilayah Pecinan. produksi gula memberikan keuntungan, VOC akhirnya menetapkan bahwa gula di Batavia wajib dijual kepada VOC, tidak boleh diperjualbelikan kepada pihak lain. Bahkan, VOC yang menentukan harga gula.

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Terkini

Seorang ABK Yang Tenggelam Masih Dalam Pencarian

Sabtu, 29 Januari 2022 | 11:10 WIB

Sengketa Pertanahan Dapat Dicegah Karena Program PTSL

Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:36 WIB

Minyak Goreng di Kota Depok Turun Harga

Sabtu, 29 Januari 2022 | 09:48 WIB

Terjungkal Dan Makna Sholat

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:34 WIB

9.340 Warga di Kota Bogor Terima Program KKS Kemensos

Kamis, 27 Januari 2022 | 21:38 WIB
X