• Senin, 24 Januari 2022

Hadiri Ijtima’ Ulama, Sekum PERSIS Sebut Keterlibatan PERSIS Pada Ijtima' Ulama Cukup Signifikan

- Jumat, 12 November 2021 | 08:19 WIB
Sekretaris Umum PP PERSIS Dr. Haris Muslim berfoto bersama dengan KH. Amin Muchtar dan Dr. Jeje Zaenudin - Foto: Henry Lukmanul Hakim
Sekretaris Umum PP PERSIS Dr. Haris Muslim berfoto bersama dengan KH. Amin Muchtar dan Dr. Jeje Zaenudin - Foto: Henry Lukmanul Hakim

Edisi.co.id, Jakarta - Pimpinan Pusat Persatuan Islam menghadiri acara Ijtima Ulama ke VII Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Indonesia pada Selasa (9/11/21) sampai Kamis (11/11/21) di Hotel Sultan, Jakarta. Acara yang bertema “Optimalisasi Fatwa untuk Kemaslahatan Bangsa” ini digelar secara daring dan luring.

Sekretaris Umum PP PERSIS Dr. Haris Muslim yang didampingi oleh Waketum PERSIS Dr. Jeje Zaenudin dan Anggota Dewan Hisbah PP PERSIS KH. Amin Muchtar turut hadir dari awal acara hingga penutupan acara tersebut memberikan apresiasi dan respons positif terhadap agenda besar MUI ini.

“Bagaimanapun, MUI merupakan rumah besar bagi umat Islam Indonesia, yang di dalamnya bergabung ormas-ormas Islam, alim ulama, dan unsur akademisi. Tentunya, apa yang dihasilkan MUI mempunyai legitimasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan, misalnya, ijtihad-ijtihad yang dilakukan lembaga-lembaga tersendiri,” hal ini dikatakan Dr. Haris Muslim dikutip dari persis.or.id, Kamis (11/10/2021).

Baca Juga: 12 Poin Bahasan Disepakati Pada Ijtima’ Ulama ke-VII Komisi Fatwa MUI

Lebih lanjut ia menjelaskan, di dalam momen seperti ini, kehadiran PERSIS sebagai ormas besar di Indonesia menjadi keniscayaan. PERSIS mengirimkan setidaknya enam orang perwakilan. Selain Sekum PERSIS Dr. Haris yang hadir secara offline, ada pula KH. Amin Muchtar yang duduk di Komisi Fatwa dan Ustaz Jeje Zaenudin yang masuk unsur pimpinan MUI sebagai penyelenggara. Tiga utusan lagi hadir secara online.

“Di samping itu, banyak pula dari unsur MUI daerah yang berasal dari PERSIS. Seperti, dua perwakilan dari MUI Bali yang berasal dari PERSIS. Artinya, keterlibatan PERSIS cukup signifikan dan insyaallah keikutsertaannya dapat menjadi sumbangsing dan menambah nilai acara ini,” lanjutnya.

Diisinggung mengenai hasil dari Ijtima’ Ulama Ketujuh ini, Dr. Haris menyebutkan bahwa secara umum, spiritnya sama dengan PERSIS. Menurutnya, masalah yang yang dibahas di sini, apabila diterapkan mengunakan metodologi yang selama ini dipergunakan oleh PERSIS, tidak ada perbedaan. 

Baca Juga: Tutup Ijtima’ Ulama, Menag Yaqut Sebut Ulama Pegang Peran Penting Dalam Pembangunan Nasional

Adapun jika ada masalah yang belum dibahas dan diputuskan Dewan Hisbah PERSIS, Dr. Haris menyebutkan, sebetulnya bisa berpegang pada fatwa MUI ini, dan akan lebih kuat apabila hasil fatwa ini dibawa ke Dewan Hisbah untuk dikaji lagi. Sehingga, akan mempunyai legitimasi lebih kuat secara jamiyyah, karena dihasilkan melalui sidang Dewan Hisbah.

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Beroperasi Hari ini

Senin, 24 Januari 2022 | 19:24 WIB

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ruang Pintar

Minggu, 23 Januari 2022 | 08:06 WIB

Pemerintah Kota Depok Sedia Keran Air Siap Minum

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:10 WIB

Diduga Bandar Narkoba Suap Kapolrestabes Medan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:05 WIB
X