• Minggu, 23 Januari 2022

Apa Benar Menggunakan Ponsel di SPBU Berbahaya? Atau Hanya Mitos?

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:53 WIB

Edisi.co.id - Memang benar kita sering lihat di SPBU ada larangan-larangan, salah satunya dilarang bermain handphone di area SPBU. Namun apakah benar bermain ponsel di SPBU berbahaya?.

Ya benar, memang sebuah ponsel memiliki potensi memicu uap bensin sehingga menyebabkan kebakaran di SPBU. Radiasi elektromagnetik yang dihasilkan ponsel dapat mengganggu peralatan listrik seperti alat pemompaan monitor jantung, serta peralatan listrik pada sebuah pesawat yang dapat berakibat fatal.

Radiasi elektromagnetik inilah yang menjadi sumber kekhawatiran karena membawa begitu banyak energi dan berpotensi menyebabkan percikan api yang bisa menyebabkan kerusakan besar pada pom bensin.

Baca Juga: Cara Menigkatkan Booster Sistem Imun Menurut Ahli

Ponsel memilik potensi memicu uap bensin sehingga dapat menyebabkan kebakaran di SPBU, energi yang dibutuhkan untuk dapat menyalakan uap bensin adalah 0,2 mili Joule Jumlah tersebut jauh lebih kecil dari jumlah energi yang terdapat pada sebuah ponsel.

Namun sampai saat ini memang belum ada kebakaran yang disebabkan oleh sebuah ponsel. Sudah terbukti bahwa bahaya penggunaan ponsel di SPBU hanyalah sebuah mitos. tapi tetap saja penggunaan ponsel di SPBU “Mempunyai potensi” bahaya.

(sumber : Youtube)

Editor: Rohmat Rospari

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diduga Bandar Narkoba Suap Kapolrestabes Medan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:05 WIB

Beberapa Khasiat Gurita untuk Kesehatan

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:59 WIB

Kota Depok Akan Mengembangkan Lebah Trigona

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:07 WIB

Bank Indonesia Diretas Ransomware Conti

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:34 WIB

Seorang Pria Hilang Saat Melewati Sungai

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:40 WIB
X