• Rabu, 28 September 2022

Maksimalkan Muatan Balik Kapal Tol Laut, Menhub Terus Dorong Pemda Tingkatkan Hasil Komoditas di Daerahnya

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 09:18 WIB
Menhub Budi Kaeya Sumadi dalam Acara  CSR
Menhub Budi Kaeya Sumadi dalam Acara CSR

Edisi.co.id  - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mendorong pemerintah daerah untuk mengoptimalkan komoditas yang ada di daerahnya, guna memaksimalkan muatan balik kapal tol laut.

Pada Jumat (11/3), Menhub menghadiri kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) / Tanggung Jawab dan Sosial Lingkungan (TJSL) dari PT. Pelni (Persero), yang mengajak para anak muda (petani millenial) dari Merauke, Papua untuk studi banding/belajar tentang produksi pertanian di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Melalui program ini diharapkan anak-anak muda di Merauke, Papua bisa menerapkan budi daya padi di tanah Papua serta meningkatkan kualitas beras di Merauke. Selanjutnya, bisa mendistribusikan beras Merauke ke seluruh wilayah Papua termasuk ke Pulau Jawa dengan memanfaatkan kapal tol laut.

Baca Juga: Komnas Akan Segera Kaji UU No. 2/2021 Tentang Perubahan Kedua Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua

"Saya mengapresiasi PT Pelni yang memiliki ide luar biasa untuk memberikan pelatihan bagi para petani milenial Kabupaten Merauke. Ini upaya sinergitas kita semua selain memberikan pelatihan langsung untuk meningkatkan produksi pertanian program ini juga untuk mendukung program Tol Laut," kata Menhub Budi di Kabupaten Sragen, Jumat (11/3).

Kabupaten Sragen merupakan salah satu daerah yang memiliki sistem budidaya tanaman padi cukup baik di daerah Jawa Tengah. 

Sementara itu Direktur Utama PT Pelni (Persero) Tri Andayani menyebut pihaknya mendukung penuh kegiatan studi banding yang dilaksanakan oleh para petani dari Kabupaten Merauke ke Kabupaten Sragen. Pihaknya berharap melalui studi banding petani milenial Kabupaten Merauke ke Kabupaten Sragen ini akan sangat memberikan manfaat kepada para petani untuk saling bertukar informasi dan mendapatkan ilmu yang dapat dimanfaatkan di daerah asalnya.

Baca Juga: Kesal Karna Kalah Tawuran Gangster Bacok Warga

"Kami berharap melalui program TJSL studi banding ini, dapat mendukung pertanian berkelanjutan di wilayah Kabupaten Merauke sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Merauke," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pokja Lansia di Limo Depok Mendapatkan Pembinaan

Selasa, 27 September 2022 | 13:20 WIB

83 Juta Lebih Warga Jabar Sudah Mencapai Target Vaksinasi

Selasa, 27 September 2022 | 13:15 WIB
X