• Rabu, 19 Januari 2022

Bela Palestina?, Waketum Persis: Baik Secara Agama, Konstitusi Negara serta Bangsa Indonesia

- Selasa, 1 Juni 2021 | 13:18 WIB
IMG-20210601-WA0205
IMG-20210601-WA0205

 

Edisi.co.id, Jakarta - Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) Ustadz Jeje Zaenudin mengatakan perjuangan membela kesucian Palestina, khususnya Baitul Maqdis di dalamnya adalah sebuah kewajiban.

Ia menerangkan, kewajiban membela kesucian Palestina sangat penting dan sangat kuat baik secara agama, akidah dan konstitusi negara serta bangsa Indonesia. Bahkan wajib membantu Palestina secara kemanusiaan.

"Kita tahu kita wajib membela dan menolong saudara kita kaum Muslimin di manapun berada apa lagi saudara kaum Muslimin kita yang dalam keadaan terjajah (oleh Israel)," kata Ustadz Jeje saat Aksi Indonesia Bela Al-Quds bertajuk "Munashoroh dan Merawat Kemenangan Dari Masjid Indonesia Untuk Masjid Al-Aqsha, Al-Quds dan Palestina Merdeka" yang digelar Koalisi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis (KIBBM) dan diikuti masjid-masjid di Indonesia secara daring, Ahad (30/5).

Ia juga menegaskan yang terjadi di Palestina bukan konflik, pertentangan, permusuhan atau peperangan. Karena yang terjadi di Palestina adalah sesuatu yang sangat asimetris, yakni penjajahan oleh Israel terhadap bangsa Palestina.

"(Yang terjadi di Palestina) adalah penjajahan kaum durjana yang didukung oleh kekuatan global untuk membumihanguskan dan menghilangkan hak-hak kaum Muslimin di Palestina yang tidak berdaya menghadapi mereka," ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Seni dan Budaya ini.

Ia menjelaskan, bangsa Palestina tidak berdaya karena mereka secara bertahap terus dikurung dan dibatasi. Kemudian mereka dikekang dengan penjara besar di Gaza. Mereka dilemahkan dengan berbagai macam opini yang membuat kaum Muslimin terpecah tidak berdaya untuk membela bangsa Palestina.

"Maka kita yakin apa yang kita lakukan untuk mendukung rakyat Palestina adalah bagian dari panggilan aqidah kita, panggilan dari agama kita, kita yakin juga membela Al-Quds membela rakyat Palestina yang tertindas adalah tuntutan konstitusi kita," ujarnya.

Ustadz Jeje menegaskan, dengan tegas konstitusi Indonesia menyatakan kemerdekaan adalah hak segala bangsa oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan.

"Demikian pula perjuangan kita membela Palestina, seandainya mereka bukan Muslim, tetapi mereka adalah manusia yang tertindas, kita pun wajib menolong membela mereka atas dasar nilai-nilai kemanusiaan, oleh sebab itu perjuangan membela Palestina tuntutan iman, tuntutan konstitusi dan tuntutan nilai kemanusiaan," jelasnya.

Foto: Henry Lukmanul Hakim - Edisi Foto

Sumber Republika online

Editor: Administrator

Tags

Terkini

ITB Ciptakan Bensin, Sukses Uji Coba

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:30 WIB

'Nusantara' Menjadi Nama Ibu Kota Baru

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:03 WIB

Puluhan Rumah di Jember Tergenang Banjir

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:15 WIB

PTM 100% Kasus Covid19 Meningkat

Selasa, 18 Januari 2022 | 13:35 WIB

Viral! Gus Arya Menantang Tuhan, Menggema di Medsos

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:16 WIB

Pelajar Bantul Ditemukan Tewas di Dasar Sungai Oya

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:22 WIB

WASPADA! Virus Covid-19 di Depok Mulai Meningkat

Senin, 17 Januari 2022 | 19:48 WIB
X