• Sabtu, 29 Januari 2022

Kementerian BUMN Salurkan Modal Tanpa Agunan kepada Usaha Mikro

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:19 WIB
Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga (no-3 dr kanan).
Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga (no-3 dr kanan).

 

Edisi.co.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyalurkan modal tanpa agunan kepada pelaku usaha mikro di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Program ini bertujuan untuk mendorong kewirausahaan kaum ibu, yang dilakukan melalui jaringan PNM Mekaar, baik berupa dukungan permodalan maupun pendampingan dan pelatihan.

"Menteri BUMN Erick Thohir meminta kami untuk turun langsung guna memastikan bantuan ini benar-benar sampai kepada ibu-ibu yang membutuhkan” ujar Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga,  Rabu,  27 Oktober 2021.

Pada kesempatan itu hadir 250 nasabah PNM Mekaar. Selain mendapat pinjaman modal, mereka juga mendapan paket sembako yang diserahkan Arya Sinulingga, mewakili Menteri BUMN. Dengan dukungan permodalan ini diharapkan bisa mempercepat  pengembangan usaha mereka sekaligus meningkatkan pendapatan dan menambah lapangan kerja.

Baca Juga: 17 Atlet Depok Yang Berlaga di PON XX Papua terima Apresiasi dari Pemkot Depok

PNM Mekaar merupakan unit layanan PT Permodalanan Nasional Madani (Persero) atau PNM unruk pelaku usaha mikro dan ultra mikro. Aktivitas PNM Mekaar berupa pembiayaan dan pembinaan, lebih focus kepada  kaum ibu presejahtera melalui pola kelompok.

Salah seorang pelaku usaha mikro yang hadir pada kesempatan itu,  Lia, mengungkapkan pengalamannya selama dua tahun menjadi nasabah PNM Mekaar. “Awalnya saya cuma jualan tiga potong baju, sekarang sudah bisa ambil grosiran dan sudah punya toko sendiri,” kata Lia.

Lain lagi cerita Maryanto mengenai pengalaman isterinya yang menekuni usaha pembuatan kue kering. “Setiap hari isteri saya membawa pulang uang Rp 85 ribu,  bahkan pernah Rp 135 ribu,” katanya. Dari pendapatan tersebut, menurut Maryanto, sudah mampu menopang ekonomi keluarganya.

Baca Juga: Mengenal Sosok Lena Maryana Mukti, Duta Besar RI untuk Kuwait

Hingga saat ini (per 28 Oktober 2021), PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 95,9 triliun kepada 10,8 juta nasabah PNM Mekaar. Terdapat 3.673 kantor layanan yang tersebar di 34 provinsi, 443 kabupaten/kota, dan 5.006 kecamatan. ***

 

Halaman:

Editor: Asri Al Jufri

Tags

Terkini

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja Pasar Saham

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:45 WIB

Pemerintah Kembali Lakukan Diskon PPnBM

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:50 WIB

Daftar 22 Bank yang Akan Menjalankan BI-Fast

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:17 WIB

Bulog Berpontesi Merugi, Ini Sebabnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:29 WIB
X