• Senin, 24 Januari 2022

OJK Siapkan Program Percepatan Pengembangan Ekonomi Digital

- Senin, 1 November 2021 | 16:41 WIB
Foto: Pikiran Rakyat
Foto: Pikiran Rakyat

 

Edisi.co.id - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso dalam kunjungan kerja ke London memaparkan potensi besar financial technology (fintech) dan keuangan digital di Indonesia. Menurut Wimboh, potensi itu   harus dioptimalkan agar memberi  manfaat yang besar bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Potensi ekonomi digital Indonesia itu harus cepat dioptimalkan untuk meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di kawasan dan di lingkungan global," kata Wimboh dalam Forum Fintech Inggris - Indonesia yang digelar Global Indonesian Professionals' Association (GIPA), akhir pekan lalu. Hadir dalam pertemuan itu antara lain Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, Chief Product & Network Officer Crown Agents Bank Steven Marshall, para pengusaha Indonesia dan beberapa investor asing.

Baca Juga: BLT UMKM November ini Keluar, Begini Cara Mengetahui Statusnya

Dalam relase yang dikeluarkan BI, Kamis, 1 November 2021, disebutkan bahwa untuk memanfaatkan potensi tersebut OJK terus berupaya mempercepat transformasi digital melalui pengembangan ekosistem ekonomi dan pembiayaan digital. Transformasi ekonomi digital diproyeksikan akan menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi yang membatasi mobilitas masyarakat.

Selain itu, sektor jasa keuangan juga harus menjawab kebutuhan konsumen akan layanan keuangan yang mudah dan cepat,  termasuk memperluas akses pembiayaan untuk UMKM. Sejumlah program sudah disiapkan OJK untuk mendukung percepatan tersebut.

Baca Juga: Dukung Program Lingkungan Hidup Kota Tangerang, PMI Kota Tangerang Gandeng Sibat Balendung Tanam Tumbuhan TOGA

"Dengan semua program tersebut, kami berharap Indonesia memiliki basis pelanggan domestik yang kuat di bidang keuangan digital dan ekosistem ekonomi digital yang berkembang dengan baik. Dengan demikian, Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain di region." kata Wimboh. ***

 

 

Halaman:

Editor: Asri Al Jufri

Tags

Terkini

Bagaimana Sebenarnya Cara Kerja Pasar Saham

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:45 WIB

Pemerintah Kembali Lakukan Diskon PPnBM

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:50 WIB

Daftar 22 Bank yang Akan Menjalankan BI-Fast

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:17 WIB

Bulog Berpontesi Merugi, Ini Sebabnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:29 WIB
X