Pada Kuartal III/2022 Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Mencapai 5,4 persen

- Jumat, 30 September 2022 | 12:20 WIB


Edisi.co.id - PT Bank UOB Indonesia memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III/2022 bisa mencapai 5,4 persen. Perkiraan itu sejalan dengan batas bawah proyeksi pemerintah, yakni di rentang 5,4 persen—6 persen. Laju positif perekonomian ini diyakini karena adanya sejumlah faktor penggerak seperti harga komoditas yang tinggi.

Indonesia pun masih mendulang berkah dari commodity boom yang meningkatkan penerimaan negara dengan signifikan. Ekonom UOB Indonesia Enrico Tanuwidjaja menjelaskan bahwa kondisi perekonomian kuartal III/2022 berjalan dengan baik, meskipun terdapat tekanan yang besar dari eksternal.

Baca Juga: Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM)

UOB pun meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal III/2022 bisa mencapai 5,4 persen. Jika angka itu tercapai, kinerja perekonomian Indonesia sepanjang 2022 akan terjaga di atas 5 persen atau kembali ke tren sebelum pandemi Covid-19.

"Belanja, investasi masih mengalir, dan konsumsi rumah tangga masih jalan. Namun, harga bahan bakar minyak [BBM] naik September ini, makanya [pertumbuhan ekonomi] 5,4 persen sangat mungkin sebagai dasar," ujar Enrico.

Berkaca pada kondisi 2021, surplus neraca perdagangan hanya barang mencapai US$35,4 miliar. Sementara itu, Enrico menyebut bahwa hingga Agustus 2022 surplus sudah tercatat US$35 miliar, sehingga kinerja perekonomian kuartal III/2022 akan cukup solid.

Selain itu, Enrico pun meyakini bahwa kinerja neraca perdagangan hanya barang bisa tumbuh dengan baik sepanjang tahun ini. Bahkan, dia meyakini bahwa surplus US$40 miliar bisa tercapai relatif mudah.

Proyeksi UOB itu selaras dengan perhitungan Presiden Joko Widodo bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal III/2022 berada di kisaran 5,4 persen—6 persen. Sementara itu, proyeksi Kementerian Keuangan cenderung lebih tinggi, yakni di rentang 5,6 persen—6 persen.

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ekonomi Di Banten Kembali Mengalami Inflasi

Selasa, 6 Desember 2022 | 10:30 WIB
X