Pangan hingga Akhir Tahun Aman, Sudah Dipastikan

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 10:32 WIB

Edisi.co.id - Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian, memastikan kebutuhan pangan hingga akhir tahun ini dalam kondisi aman. Hal ini disampaikan oleh Mentan terutama untuk 12 komoditas pangan utama.

"Dari Januari-Desember 2022, semua kebutuhan pangan kita dalam kondisi aman dan cukup. Kementan bersama kementerian lain, termasuk dengan Bapanas, akan terus menjaga 12 komoditas yang ada," ujarnya di Jakarta, Kamis (20/10).

Baca Juga: Sandrina Gelar Acara Syukuran Usai Raih Piala AMI Awards 2022

12 komoditas yang dimaksud ialah beras, minyak goreng, cabai, bawang, gula, daging, telur, ayam potong sampai dengan kedelai. Meski begitu, empat di antaranya masih berasal dari impor baik kedelai, daging, gula dan bawang putih.

Terkhusus beras nasional, Indonesia, terang Mentan, memiliki stok beras sebanyak 10,15 juta ton yang dihitung pada April 2022. Angka tersebut kemungkinan besar akan bertambah banyak seiring panen petani di sejumlah daerah yang terus berlangsung.

Perintah utama Presiden Jokowi saat mengelola pangan adalah meningkatkan produksi dan membangun kolaborasi yang intensif baik dengan Kementerian Perdagangan, Badan Pangan Nasional maupun dengan para petani dan pemerintah daerah.

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ekonomi Di Banten Kembali Mengalami Inflasi

Selasa, 6 Desember 2022 | 10:30 WIB
X