Edisi.co.id - Di era sekarang, Gen Z banyak mengambil referensi dari media sosial maupun platform digital, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan rencana liburan.
Ada beberapa hal yang harus diketahui saat ingin liburan bareng mereka yang termasuk dalam usia Gen Z ini.
Misalnya tipe liburan yang diinginkan, ala backpacker atau luxury, hingga itinerary yang perlu disiapkan.
Baca Juga: Atur Keamanan Perdagangan Kripto, OJK Kini Terapkan Prinsip Zero Trust
Lebih Senang Liburan yang Budget-Friendly
Gen Z lebih memperhatikan anggaran dibandingkan generasi sebelumnya, tetapi mereka juga tetap memprioritaskan pengalaman liburan itu sendiri.
Menurut sebuah studi terbaru, lebih dari 82 persen wisatawan Gen Z memprioritaskan keterjangkauan saat memesan perjalanan dibandingkan dengan 77 persen generasi milenial.
Punya Minat Tinggi pada Konsep Sustainable and Responsible Tourism
Menurut penelitian global di tahun 2020, lebih dari 56 persen Gen Z memilih destinasi yang menerapkan praktik lingkungan yang kuat dan dekat dengan alam.
Destinasi ramah lingkungan, pariwisata bebas plastik, hingga konservasi satwa liar kini jadi salah satu kebiasaan liburan populer di kalangan Gen Z ini.
Terpengaruh Media Sosial dan Influencer
Mengutip dari Business Dasher, Gen Z bisa menghabiskan rata-rata 2 jam 43 menit per hari di media sosial, menjadikan platform seperti TikTok, Instagram, dan YouTube sebagai sumber inspirasi perjalanan liburan.
Mereka tidak hanya mencari destinasi liburan, tetapi juga mencari rekomendasi dari para influencer.
Studi menunjukkan bahwa 84 persen wisatawan Gen Z menggunakan media sosial untuk inspirasi perjalanan dan berbagi pengalaman perjalanan secara daring.