• Rabu, 28 September 2022

Partai Golkar Ajukan H Lodewijk F Paulus Sebagai Wakil Ketua DPR RI

- Kamis, 30 September 2021 | 09:20 WIB
Wakil Ketua DPR RI H Lodewijk F Paulus dari Partai Golkar
Wakil Ketua DPR RI H Lodewijk F Paulus dari Partai Golkar

Edisi.co.id - Akhirnya terisi sudah jabatan Wakil Ketua DPR RI. Jabatan yang sebelumnya diemban oleh Azis Syamsuddin dari fraksi Golkar. Karena tersandung masalah hukum dengan KPK Azis menyatakan pengunduran diri dan secara resmi DPR RI menerima pengunduran diri tersebut. 

Sebagai peganti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto  menyampaikan surat pergantian nama Wakil Ketua DPR dari unsur Golkar.

Ketua DPR RI Puan Maharani Menanggapi surat pergantian Wakil Ketua DPR RI mengatakan, kami pimpinan DPR RI,  menerima surat pergantian langsung dari Ketua Umum Golkar, Pak Airlangga, perihal pengunduran diri dari Bapak Azis Syamsuddin sebagai pimpinan DPR RI periode 2019-2024. 

Baca Juga: Di TV One, Sejarawan Muda PERSIS Ingatkan Kebangkitan Neo Komunisme

"DPR akan melalukan mekanisme selanjutnya mengenai pergantian pimpinan DPR dari unsur Golkar. Hal ini, kata Puan, sesuai dengan Pasal 47 Peraturan DPR RI No 1 tahun 2020 tentang Peraturan Tata Tertib DPR. “Maka DPR akan memproses pergantian wakil ketua DPR dari Partai Golkar, untuk diteruskan ke paripurna,” tutur puan dalam konferensi pers Rabu (29/9/2021)

Puan kemudian meminta Airlangga untuk mengumumkan nama pengganti Azis Syamsuddin. Anggota Komisi I DPR RI Lodewijk F Paulus dipilih Golkar untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Azis Syamsuddin yakni Wakil Ketua DPR RI Bidang Polkam.

“Partai Golkar telah memutuskan menunjuk saudara H Lodewijk F Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan saudara Azis Syamsuddin,” ungkap Airlangga saat diminta Puan menyampaikan nama yang diajukan Golkar sebagai pengganti Azis Syamsuddin.

Baca Juga: Liga Champions, Bayern Munchen Hantam Dynamo Kyiev 5-0

Nama Lodewijk akan dibawa dalam Rapat Paripurna esok hari, Kamis (30/9/2021), untuk dimintai persetujuan seluruh anggota DPR. Puan mengatakan, mekanisme tersebut sudah dibahas dalam rapat konsultasi pengganti Bamus kemarin, 

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Sumber: dpr.go.id

Tags

Terkini

Pokja Lansia di Limo Depok Mendapatkan Pembinaan

Selasa, 27 September 2022 | 13:20 WIB

83 Juta Lebih Warga Jabar Sudah Mencapai Target Vaksinasi

Selasa, 27 September 2022 | 13:15 WIB
X