• Selasa, 26 Oktober 2021

Benarkah Nikah Siri Bisa Masuk Kartu Keluarga

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 16:10 WIB

Edisi.co.id - Prof. Zudan Arif Fakhrullah selaku Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri menyampaikan dalam video yang dibuat bersama kumparan.com nikah siri tetap bisa membuat Kartu Keluarga (KK).

 

Prof. Zudan Arif Fakhrullah menjelaskan Mungkin sebagian masyarakat Indonesia belum banyak mendengar tentang Info ini. Maka, Kemendagri melalui Dirjen Dukcapilnya menjelaskan terkait hal apa saja yang membuat pasangan Nikah Siri bisa membuat KK beserta syaratnya.

Baca Juga: Mendidik Dengan Kasih dan Cinta

Ia menjelaskan, semua penduduk Indonesia wajib terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK), berarti bagi yang belum terdaftar di KK belum sah menjadi Warga Negara Indonesia dan pastinya tidak bisa membuat Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) Indonesia.

 

" Kami dari Dukcapil tidak menikahkan, tetapi hanya mencatat telah terjadinya perkawinan. Nanti didalam Kartu Keluarga (KK) akan ditulis ' Nikah belum tecatat ' itu artinya nikah siri " ujar Prof. Zudan Arif dalam video.

Baca Juga: GK Hebat dan FUNDnesia Dorong Tumbuhkan UMKM dengan Skema Syariah

Sebagai Pamungkas beliau melanjutkan, syarat membuat KK bagi pasangan nikah siri yaitu dengan membuat SPTJM ( Surat Pernyataan Tanggung Jawaban Mutlak ) untuk kebenaran bagi pasangan suami - istri telah disaksikan atau diketahui oleh dua orang saksi.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Terkini

LRT Jabodetabek Tabrakan di Jalur Layang Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:21 WIB

Sesama Bus Transjakarta alami Tabrakan

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:45 WIB

Ini Kriteria Penerima Insentif Kartu Prakerja

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:27 WIB

Al-Iman Selenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:26 WIB
X