• Senin, 25 Oktober 2021

Mendidik Dengan Kasih dan Cinta

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 15:52 WIB

Oleh: Khairunnas

edisi.co.id — Mencari sekolah terbaik untuk anak adalah bagian dari tanggungjawab orang tua. Oleh sebab itu, setiap tahun ajaran baru orang tua akan berupaya untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah terbaik yang ada di lingkungan mereka. Namun, oleh karena terbatasnya daya tampung, orang tua seringkali harus kecewa karena anaknya tidak diterima di sekolah yang diidamkan. 

Kegagalan sang anak masuk sekolah favorit akan berujung pada biaya pendidikan yang membengkak. Biasanya, karena tidak masuk sekolah favorit yang berbiaya murah, demi memberikan pendidikan yang terbaik pada sang anak, orang tua akan memilih memasukan anaknya ke sekolah favorit lain dengan status milik swasta, tapi tentunya dengan biaya yang sangat mahal. Namun, bagi orang tua, apapun akan mereka korbankan demi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya.

Hampir semua orangtua dengan ikhlas akan bekerja keras demi memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya. Pasalnya, seorang anak, bukan hanya sebagai karunia dari Tuhan yang wajib disyukuri, tetapi juga sebagai amanah yang musti dijaga dan dididik. Keberhasilan mengantarkan anak menjadi manusia yang berilmu, memiliki pekerjaan yang baik, dan sukses di masa depan adalah kebahagiaan bagi orang tua.

Namun, orang tua harus menyadari, pendidikan anak tidak bisa diserahkan semata-mata hanya kepada sekolah formal. Memang, memberikan pendidikan formal yang baik kepada anak itu penting, tetapi sebenarnya yang jauh lebih penting adalah pengasuhan yang tepat dari orang tua di rumah. Orang tua harus mampu menjadi “guru pertama” bagi anak-anak mereka. Orangtua harus menjadi pendidik terbaik bagi anak-anaknya, terutama dalam pembentukan karakter.

Penanaman karakter yang baik adalah bagian terpenting dalam sebuah proses pendidikan. Sejak dini, seorang anak seyogyanya telah ditanamkan nilai-nilai moral, kejujuran, dan ketuhanan, sehingga kelak ia menjadi pribadi yang baik dan berbudi pekerti luhur. Dia akan tumbuh menjadi manusia yang berguna bagi sesama, peduli, dan taat kepada aturan Tuhan. Dia menyadari kehidupan ini hanyalah jembatan bagi kehidupan yang abadi di akhirat. Oleh sebab itu, dia akan menjaga setiap langkahnya agar tidak terpeleset hingga membuatnya jatuh ke jurang kehinaan.

Dengan pengasuhan yang tepat, dari dalam diri anak akan muncul unsur-unsur kebaikan sebagai sumber kebahagiaaan. Sosok anak yang demikianlah yang disebut sebagai perhiasan dunia, yang senantiasa memberikan kebahagiaan kepada orang tuanya. Dia akan berbakti kepada orang tuanya, berkontribusi positif bagi kehidupan sosial, dan berperan bagi kemajuan peradaban dunia.

Baca Juga: Dubes Malaysia Silaturahmi ke PP PERSIS, Bahas Kerjasama Pendidikan, Agama, dan, Dakwah

Orang tua harus hati-hati di tengah era digital seperti sekarang, karena kecepatan arus informasi dengan mudah bisa merubah nilai-nilai yang dianut anak kita. Pengaruh luar yang tidak baik bisa saja membuat anak-anak kita tercerabut dari nilai-nilai keagamaan, budaya, dan moral yang diajarkan dalam keluarga. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi era yang ‘serba boleh’ seperti sekarang, orang tua harus memberikan perhatian ekstra terhadap nilai-nilai yang tertanam dalam diri anaknya, yang seringkali berasal dari sumber yang tidak benar. Orang tua wajib menjadikan ajaran agama dan budaya sebagai rujukan utama dalam mendidik anak. Jika tidak, kelak anak akan terperosok ke dalam jurang kenistaan. 

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaat Sayuran Bayam untuk Kesehatan Rambut

Senin, 25 Oktober 2021 | 13:44 WIB

5 Kota Tertua di Indonesia

Senin, 25 Oktober 2021 | 10:18 WIB

Jangan Mengabaikan Kehidupan Dunia

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:21 WIB

Tips Memilih Pesantren

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:56 WIB

Beberapa Keunggulan Presantren yang Perlu Diketahui

Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:38 WIB

Persoalan Jalan Kemal Attaturk

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:10 WIB

Kiat Mudah Mengolah Sampah Menjadi Kompos

Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:34 WIB

Ayoo, Ajari Anak Memasak Sejak Dini

Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:09 WIB

Apa bedanya antara Gestok, Gestapu, dan G30S PKI

Selasa, 19 Oktober 2021 | 23:22 WIB

Begini Cara Mengecek NIK KTP Secara Online

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:28 WIB

Ini Minuman Herbal Penurunan Kolesterol

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:44 WIB

Cegah Stunting Melalui Kegiatan Pik Remaja

Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:31 WIB

PTMT Di Depok Berlangsung Aman Lebih Dari Sepekan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:07 WIB

Ternyata Air Kelapa Bisa Dijadikan Skincare

Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:45 WIB
X