• Selasa, 26 Oktober 2021

Pertama di ASEAN, Telkom dan Freeport Akan Hadirkan 5G Mining

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:01 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir

Edisi.co.id– Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa PT Freeport akan bekerja sama dengan Telkom Group untuk menghadirkan teknologi 5G Mining.

Rencananya 5G mining akan diresmikan 6 bulan mendatang. Erick juga berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menyaksikan peresmian 5G mining.

"Sesuai transformasi di dunia terkait revolusi industri 4.0, kami berencana enam bulan lagi akan meresmikan 5G mining. Ini yang pertama di Asia Tenggara, hasil kerja sama Freeport dengan Telkom Group," kata Erick, Selasa (12/10/2021).

Fungsi 5G mining ini adalah untuk menjaga keamanan operasional hingga proteksi tenaga kerja Freeport Indonesia yang berada di dalam lubang tambang.

Baca Juga: Pembuatan Sumur Resapan di Jakarta Pusat Terus Digencarkan

"Karena ini kategori tambang yang dalam sehingga penting sekali proteksi bagi tenaga kerja di dalamnya," ujarnya.

Dirinya mengatakan, 5G mining ini juga dapat meningkatkan konektivitas integrasi hyper connect network. Rencananya, ada kecanggihan autonomous car atau mobil dengan kendali otomatis, termasuk truk-truk besar yang digunakan untuk mengangkut bahan tambang.

Erick menambahkan, persiapan untuk menghadirkan 5G mining sedang dimaksimalkan antara Telkom dan Freeport. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah mendukung transformasi BUMN.

"Persiapan ini kita maksimalkan antara Freeport dan Telkom. Kepada bapak Presiden, terima kasih atas kesempatan yang terus didorong bapak Presiden dalam transformasi pada BUMN," ucap Erick.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LRT Jabodetabek Tabrakan di Jalur Layang Cibubur

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:21 WIB

Sesama Bus Transjakarta alami Tabrakan

Senin, 25 Oktober 2021 | 15:45 WIB

Ini Kriteria Penerima Insentif Kartu Prakerja

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:27 WIB

Al-Iman Selenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:26 WIB
X