• Kamis, 27 Januari 2022

Demokrat Kubu AHY ke Kemenkumham, Yusril: Apa Badan Peradilan Sekarang Sudah Pindah ke Kemenkumham

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 13:25 WIB
Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra - Foto: Henry Lukmanul Hakim/Edisi Foto
Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra - Foto: Henry Lukmanul Hakim/Edisi Foto

Edisi.co.id, Jakarta - Langkah kuasa hukum Partai Demokrat kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Kemenhumkam mendapat respon dari pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra. Pasalnya mereka menyerahkan sejumlah dokumen untuk mementahkan uji formal dan materiel yang dilakukan Yusril.

Yusril Ihza Mahendra tersenyum saja menyaksikan ulah pengacara dan aktivis Partai Demokrat yang hari ini ramai-ramai datang ke Kemenkumham menyerahkan berbagai bukti dan dokumen untuk mementahkan uji materil yang dilakukannya. Kata Yusril dalam keterangan persnya, Sabtu (16/10/2021).

Ia pun menjelaskan padahal semua orang tahu uji materil itu diajukan ke Mahkamah Agung.Baca Juga: Arab Saudi Buka Umrah, PERSIS: Alhamdulillah, Dorong Kemenag Segera Siapkan Regulasinya

“Apa sekarang badan yudikatif sudah bergeser ke Kemenkumham ya?” tanya Yusril.

Dokumen yang diserahkan pengacara dan petinggi Partai Demokrat ke Kemenkumham itu  adalah tanggapan atas pemohonan JR yang diajukan 4 anggota PD yang dipecat melalui Yusril.  Selain itu diserahkan pula dokumen alat bukti serta keterangan ahli.

Yang agak mengherankan saya adalah diserahkannya Surat Pencabutan Hak Uji Materil dari satu Pemohon”. Emang mereka pengacara  Pemohon yang mencabut kuasanya?,” ucap Yusril.

Baca Juga: SMP PCI Jadikan Pemilihan Ketua OSIS Sebagai Ajang Pembelajaran Demokrasi

Menurut Yusril, lazimnya pemberi kuasa mencabut surat kuasa kepada pengacara yang diberi kuasa, dan pengacara itulah yang memberitahukan surat pencabutan tersebut ke pengadilan.

“Saya sendiri sebagai penerima kuasa belum menerima pencabutan kuasa itu”tegas Yusril. Rupanya surat pencabutan itu  ada pada pengacara Partai Demokrat. “Jangan-jangan ada Hitler yang nyuruh cabut surat kuasanya ya” tutur Yusril sambil tersenyum.

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ancaman Perang Dunia Ke 3, AS Dan Rusia

Rabu, 26 Januari 2022 | 19:07 WIB

Ditemukan Jasad Pria Dikelilingi Ratusan Ular

Rabu, 26 Januari 2022 | 14:28 WIB

Jumlah Kasus Covid-19 di Indonesia

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:02 WIB

Aturan masuk Mall, akibat PPKM jakarta diperpanjang

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:17 WIB
X