• Minggu, 23 Januari 2022

SMP PCI Jadikan Pemilihan Ketua OSIS Sebagai Ajang Pembelajaran Demokrasi

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:08 WIB
Proses pemilihan ketua OSIS di SMP PCI Kabupaten Bandung - Foto: Istimewa PCI
Proses pemilihan ketua OSIS di SMP PCI Kabupaten Bandung - Foto: Istimewa PCI

Edisi.co.id, Kabupaten Bandung - SMP Prima Cendekia Islami (PCI) menggelar pesta demokrasi dalam rangka pemilihan ketua Ketua Organisasi Intra Sekola (OSIS). Peristiwa ini menjadi sangat bersejarah karena menjadi awal terbentuknya OSIS bagi SMP PCI dan menjadi ajang praktik berdemokrasi yang sehat dan memanfaatkan platform digital. Bertempat di Aula SMP Prima Cendekia Islami Kabupaten Bandung, kegiatan berlangsung dari tanggal 14-15 Oktober 2021.

Ketua panitia pemilihan ketua OSIS Alfarizi menerangkan rangkaian Pemilu OSIS SMP PCI hari pertama diawali oleh kegiatan sosialisasi, pembekalan kepada para siswa, serta penjaringan bakal calon dan penentuan calon Ketua OSIS.

“Sedangkan pemberian materi kepada siswa dilakukan langsung oleh para guru SMP Prima Cendekia Islami. Pemberian materi itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan panduan bagi para calon Ketua dan pengurus OSIS nantinya,” ucap Alfarizi.

Baca Juga: Tinjau Warung Makan Gratis di Jakarta Timur, Anies Baswedan Sempatkan Sholat Dhuhur di Masjid PERSIS

Lebih lanjut papar Alfarizi bahwa pesta demokrasi Pemilu OSIS ini berlangsung selama dua hari dan kami buat lebih friendly, menyenangkan, dan menerapkan tata cara demokrasi yang sehat. Kami ingin memberi pembelajaran berharga bagi para siswa dalam berorganisasi dan berdemokrasi.

“Walaupun saat ini para siswa baru menginjak kelas VII, namun kami yakin mereka mampu belajar berorganisasi dengan baik,” ujar Alfarizi.

Alfarizi menambahkan pada hari kedua, dilakukan proses pemilihan Calon Ketua OSIS yang sudah ditetapkan. Proses pemberian suara dilakukan secara digital. Tidak hanya para siswa yang mengikuti dan memberikan suara, namun para guru pun memiliki hak suara dan memberikan suara mereka secara langsung.

Baca Juga: Polisi Banting Mahasiswa, Komnas HAM: Kecam dan Desak Polisi yang Membanting Disanksi Tegas

Ada 4 calon yang terpilih pada penjaringan ketua OSIS ini, yaitu Rizqika Aghni Isnainnisa (VII-A), Ervyn Fauzi Irwansyah (VII-A), M. Fathir Fajar (VII-B), Zacky Muhammad Kamil (VII-B). Setelah dilakukan pemberian suara baik dari siswa dan guru.

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diduga Bandar Narkoba Suap Kapolrestabes Medan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:05 WIB

Beberapa Khasiat Gurita untuk Kesehatan

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:59 WIB

Kota Depok Akan Mengembangkan Lebah Trigona

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:07 WIB

Bank Indonesia Diretas Ransomware Conti

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:34 WIB

Seorang Pria Hilang Saat Melewati Sungai

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:40 WIB
X