• Kamis, 8 Desember 2022

Mentan Syahrul Yasin Limpo Tekankan Pentingnya Peran Badan Karantina Pertanian

- Kamis, 25 November 2021 | 14:53 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo Lepas Komoditas Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok
Mentan Syahrul Yasin Limpo Lepas Komoditas Ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok

Ediai.co.id - Dalam kesempatan pelepasan ekspor komoditas pertanian di Pelabuhan Tanjung Priok, hari ini Kamis 25 November 2021 Mentan juga menyampaikan mengenai peran karantina pertanian, jangan kira karantina hanya berjaga jaga saja, yang dijaga itu adalah mikroba, penyakit hewan tumbuhan yang bisa menyebar ke komoditas pertanian kita.

"Karantina sangat penting agar tidak menyebar penyakit. Tidak ada yang masuk ke negara kita tanpa ada pengawasan,” ungkapnya

Peran karantina sangat penting bagi negara besar yang memiliki banyak pulau seperti Indonesia. Menurutnya, kalau perang senjata, bisa terlihat namun perang bioterorisme melalui mikroba itu sangat berbahaya bagi negara dan tidak terlihat bentuknya.

Baca Juga: Mentan Syahrul Yasin Limpo Lepas Komoditas Ekspor Senilai 568,7 Miliar ke 26 Negara

"Dibalik karantina ada laboratorium yang memeriksa, meneliti sampel jadi jika ada proses itu bukannya diperlambat tapi sedang dipercepat dengan pemeriksaan dan inovasi karantina pertanian," ujarnya.

Mentan Syahrul berpesan kepada semua pemangku kepentingan pertanian agar harus jumping atau berani melompat, disaat orang lain tidak bisa. Itu menurutnya amanat dari Bapak Presiden untuk terus meningkatkan ekspor

"Oleh karenanya harap pak gubernur, pak bupati jangan sampai tidak wilayah yg tidak ada ekspor komoditas pertanian," imbuhnya.

Adapun ragam komoditas yang diekspor sebanyak 26 jenis diantaranya air kelapa, kelapa bulat, lada, pinang biji, premix, larva kering dan makanan hewan peliharaan.

Baca Juga: Manchester City Menang atas PSG 2-1

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X