• Jumat, 1 Juli 2022

MABIP PCI, Prof Dadan Wildan: Bukti Komitmen Kami Mendidik Generasi Milenial Qurani, Cerdas Berakhlak Mulia

- Minggu, 24 April 2022 | 21:39 WIB
Siswa-siswi SMP Prima Cendekia Islami mengikutu kegiatan MABIP PCI dengan melakukan sholat Isya dan taraweh berjamaah di halaman sekolah - Foto: Dokumen PCI
Siswa-siswi SMP Prima Cendekia Islami mengikutu kegiatan MABIP PCI dengan melakukan sholat Isya dan taraweh berjamaah di halaman sekolah - Foto: Dokumen PCI

Edisi.co.id, Kabupaten Bandung - Satu hal yang menarik dari rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan di SMP Prima Cendekia Islami (SMP PCI) Baleendah Kabupaten Bandung adalah Malam Bina Insan PCI (MABIP) yang berlangsung tiga hari dua malam. MABIP ini merupakan wahana pembentukkan generasi muslim milenial Qur'ani yang berkeadaban dan berperadaban Islam.

Malam Bina Insan PCI ini merupakan agenda penutup dari rangkaian  Pesantren Ramadhan SMP Prima Cendekia Islami (PCI) yang secara resmi ditutup pada, Sabtu (23/04/2022).

MABIP PCI dimulai bakda ashar. Para siswa sudah berkumpul di sekolah, untuk memulai kegiatan MABIP dengan shalat ashar berjamaah. Empat buah tenda, sudah terpasang di halaman sekolah. Beberapa ruang kelas, juga disiapkan untuk evakuasi jika terjadi hujan.

Baca Juga: Wahabi dan Salafi Tak Cocok di Indonesia, Waketum PERSIS: Kontra Produktif Dengan Semangat Berbangsa

Usai shalat ashar, guru pembimbing memberi arahan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan malam itu. Hari pertama MABIP diawali dengan agenda PCI Berbagi. Para siswa diberi tugas untuk menyebarkan ratusan paket takjil bagi masyarakat di sekitar sekolah, dari para pedagang hingga masyarakat yang lewat depan sekolah.

Kegiatan MABIP PCI di dalam kelas

Satu jam sebelum berkumandang azan magrib, para siswa membagikan takjil di sekitar sekolah, hingga azan magrib tiba. Takjil itu disiapkan oleh pihak sekolah, para orang tua melalui komite sekolah, hingga partisipasi dari PT. Jaswita, BUMD milik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat atas jasa baik Dirut Jaswita, Dr. Deny Nurdiana Hadimin.

Usai buka puasa, diberikan waktu bebas hingga azan isya berkumandang. Dilanjutkan shalat isya berjamaah, ceramah ramadhan, dan tarawih. Ada hal yang menarik, di sesi kedua MABIP yang tampil menyampaikan ceramah adalah Kapolsek Baleendah, Komisaris Polisi Sungkowo, SH., MH. Orang nomor satu di kepolisian sektor Baleendah itu menyampaikan ceramah bahaya narkoba hingga cara sehat bermedia sosial.

Baca Juga: Kembali Harumkan Nama Pesantren, Saista, Santri Pesantren PERSIS 110 Manbaul Huda Raih Juara 1 Lomba MTQ

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X