• Jumat, 1 Juli 2022

Kejar Target Peserta KB Baru, Kabupaten Bogor Luncurkan Pelayanan 1 Juta Akseptor

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:25 WIB

Edisi.co.id- Dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29, Pemerintah Kabupaten Bogor laksanakan pelayanan KB 1 juta akseptor. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai target peserta KB baru yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Berbagai metode KB diberikan kepada masyarakat. Mulai dari metode jangka panjang hingga metode jangka pendek. Metode jangka panjang diantaranya, IUD, Implan, MOW dan MOP. Sementara metode jangka pendek adalah suntik, pil dan kondom.

Pelayanan suntik, pil, IUD dan implan dilaksanakan di seluruh Faskes yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

Puncak dari pelayanan sejuta akseptor ini adalah pelayanan Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP) yang dilaksanakan di RSAU M. Hassan Toto Lanud Atang Sanjaya, Kemang, Bogor, Kamis, 23 Juni 2022. Kegiatan ini bersamaan dengan peringatan Hari Bakti TNI AU yang ke-75.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat dari instansi terkait. Seperti Sekda Kabupaten Bogor, Drs. Burhanuddin, M.Si, Danlanud Atang Sanjaya, Marsma TNI Sulyono, S.Sos, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor, dan Kepala Dinkes Kabupaten Bogor.

Sekda Kabupaten Bogor, kepada media menyatakan, pelayanan ini menargetkan 100 akseptor MOW/MOP. Namun pada pelaksanaannya, capaian justru melebihi target. "Pelayanan hari ini diberikan kepada 130 akseptor MOW dan MOP," tuturnya.

Baca Juga: Wings Group Dukung Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

Burhanuddin menegaskan, Pemkab Kabupaten Bogor akan terus memperluas pelayanan KB agar mudah dijangkau oleh masyarakat. "Pemerintah mendukung peningkatan pelayanan KB bagi masyarakat, untuk mendukung pengendalian angka kelahiran di Kabupaten Bogor," tuturnya.

Marsma TNI Sulyono, S.Sos, menyambut gembira kerjasama pelayanan KB dengan Pemkab Bogor. "Kegiatan ini merupakan bentuk bakti kita kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, kehadiran TNI sebagai pengayom masyarakat dapat dirasakan," terangnya.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Artikel Terkait

Terkini

X