• Senin, 16 Mei 2022

Bank Indonesia Meluncurkan Fast Payment untuk Mempermudah Transaksi Ritel

- Selasa, 21 Desember 2021 | 22:45 WIB
Bank Indonesia meluncurkan BI-FAST, pada Selasa, 21 Desember 2021, sebuah aplikasi transaksi pembayaran digital.
Bank Indonesia meluncurkan BI-FAST, pada Selasa, 21 Desember 2021, sebuah aplikasi transaksi pembayaran digital.

Edisi.co.id - Bank Indonesia (BI) meluncurkan Fast Payment (BI-FAST) secara virtual, pada Selasa, 21 Desember 2021. BI-FAST merupakan infrastruktur sistem pembayaran yang dapat diakses melalui aplikasi untuk pembayaran ritel. Implementasinya akan dilakukan secara bertahap oleh bank pelaksana.

Dari keterangan tertulisnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa  BI-FAST ini merupakan salah satu implementasi dari  Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, sekaligus sebagai wujud transformasi digital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Pengembangan BI-FAST merupakan tonggak penting reformasi digitalisasi sistem pembayaran nasional untuk menciptakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang lebih efisien. Hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat yang menginginkan transaksi yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal.

Baca Juga: Kolaborasi PT Pembangunan Jaya Ancol dan Bak DKI dalam Pemasaran Digital

“Peluncuran BI-FAST akan mempercepat digitalisasi ekonomi keuangan nasional, mengintegrasikan ekosistem industri sistem pembayaran secara end-to-end dari perbankan digital, fintech, e-commerce, dan konsumen,”  ungkap Perry.

Ketua Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Santoso Liem, menyampaikan dukungan dan komitmennya terkait inisiatif BI melalui BSPI dan implementasi BI-FAST ini.

BI-FAST akan menjadi backbone infrastruktur sistem pembayaran ritel masa depan, yang mengakselerasi pembayaran menggunakan berbagai instrumen dan kanal secara real time, aman, mudah, dan beroperasi 24/7.

Baca Juga: Harap Cerdas dalam Penggunaan Internet, Waspada

Pada tahap awal, implementasi BI-FAST fokus pada layanan transfer kredit individual yang melibatkan 21 bank nasional. BI tetap membuka kesempatan bagi bank lainnya untuk menjadi peserta BI-FAST. Layanan BI-FAST akan terus diperluas yang nantinya akan mencakup layanan bulk credit, direct debit, dan request for payment.

Halaman:

Editor: Asri Al Jufri

Tags

Terkini

Menyiapkan Generasi Tangguh melalui Ruang Pintar

Jumat, 1 April 2022 | 23:53 WIB

Jadikan Koperasi Sebagai Solusi Pasca Pandemi

Sabtu, 26 Maret 2022 | 14:59 WIB
X