• Rabu, 28 September 2022

Bersama Alit Indonesia Kadin Gali Potensi Ekonomi Desa

- Kamis, 22 September 2022 | 10:25 WIB

Edisi.co.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Timur bersama Yayasan Arek Lintang (Alit) Indonesia menggali potensi ekonomi desa melalui program Desa Wisata Agro Desa Wisata Industri Ramah Anak dan Berkebudayaan.

Ketua Kadin Jatim Adik Dwi Putranto di Surabaya, Rabu, memberikan dukungan atas program dari Alit Indonesia berupa program Desa Wisata Agro Desa Wisata Industri Ramah Anak dan Berkebudayaan atau Dewa Dewi Rama Daya yang dinilai memiliki kepedulian tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat desa dan perlindungan anak.

Baca Juga: Pada Q2 2022 Sebesar 5,4 Persen Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Cukup Impresif

"Salah satu dukungan yang diberikan adalah dengan memberikan pelatihan pendampingan UMKM (usaha mikro kecil menengah) dan kurasi produk kepada Tim Alit. Sekaligus kami beri jaringan pasar, kami bantu untuk menyalurkan dan menjualkan produk yang dihasilkan oleh masyarakat desa termasuk pariwisatanya," ujar Adik.

Menurut dia, dukungan tersebut tidak lepas dari pentingnya kolaborasi antar lembaga untuk membangkitkan ekonomi pedesaan. Terlebih saat ini, desa menjadi salah satu kantong kemiskinan yang masih tinggi di Jatim.

Untuk itu, kata dia, harus ada upaya nyata dalam menggali potensi desa, baik di sektor pariwisata ataupun produk UMKM yang ada di desa serta mengembangkan proses pengolahan berbasis Sumber Daya Alam (SDA) desa.

"Melalui program ini kita bangun kemandirian masyarakat desa, kita gali dan kita bantu mengembangkannya agar produk yang mereka tanam ini memiliki nilai tambah lebih bagi masyarakat desa hingga akhirnya kesejahteraannya bisa terangkat," kata dia.

Tidak hanya itu, perlindungan terhadap anak juga bisa tercipta karena Alit ini fokusnya juga ke perlindungan anak dengan mendorong setiap desa memiliki Perdes Ramah Anak.

Dalam pelaksanaannya, Adik berharap pelatihan pendamping UMKM dan kurasi produk bisa dilaksanakan di tahun ini. "Kami usahakan pelatihannya sudah mulai dilaksanakan pada tahun ini juga, baik pelatihan pendamping UMKM, kurasi produk ataupun pelatihan tentang pariwisata," kata Adik.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertumbuhan Ekonomi Terhambat, BI Naikkan Suku Bunga

Senin, 26 September 2022 | 15:20 WIB

Daftar Tarif Terbaru Layanan Grab

Senin, 26 September 2022 | 15:10 WIB

Pelabuhan Prigi Menjadi Pengungkit Ekonomi Pesisir

Senin, 26 September 2022 | 14:25 WIB

BI Perkiraan Ekonomi Global Tahun Depan Anjlok

Jumat, 23 September 2022 | 10:36 WIB

Bersama Alit Indonesia Kadin Gali Potensi Ekonomi Desa

Kamis, 22 September 2022 | 10:25 WIB
X