Suzuki Penjualan Mobil bulanan tertinggi sepanjang 2022 di Indonesia, September kemarin.

photo author
- Senin, 31 Oktober 2022 | 13:30 WIB

 

Edisi.co.id Penjualan mobil retail (dari diler ke konsumen) Suzuki selama September, menurut keterangan resmi baru-baru ini, mencapai 7.902 unit. Ini adalah volume terbesar dibandingkan delapan bulan sebelumnya.

Bila dibandingkan dengan Agustus, transaksi jual-beli mobil Suzuki bertumbuh tipis 1 persen.

Baca Juga: Wuling Sumbang 300 Air EV Bakal di Acara KTT G20 Bali

Sementara itu, bila dikomparasi dengan September 2021, peningkatannya mencapai 7 persen.

Assistant to Department Head 4W Sales PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Randy R. Murdoko mengatakan performa positif terlihat pada sektor mobil penumpang maupun niaga.

“Di kategori mobil penumpang sendiri, penjualan retail Suzuki mengalami peningkatan sebesar 30 persen dibandingkan September 2021. Sedangkan, jika dibandingkan bulan sebelumnya yaitu Agustus 2022, penjualan retail mobil penumpang Suzuki mengalami peningkatan sebesar 3 persen,” papar Randy.

Dari total penjualan retail 7.902 unit, 61 persen di antaranya datang dari segmen mobil niaga. Sisanya, sekitar 39 persen, disumbangkan oleh segmen kendaraan penumpang.

Model terlaris Suzuki pada September lalu adalah Carry, dengan sumbangsih 61 persen. Selanjutnya, secara berturut-turut di tiga besar, terdapat XL7 (kontribusi 18 persen) serta All New Ertiga hybrid (12 persen).

Suzuki menyorot peran All New Ertiga hybrid yang telah mampu masuk tiga besar meski baru diperkenalkan pada 10 Juni 2022 kemarin.

“Adanya peningkatan penjualan ini tentu tidak lepas dari peran pelanggan setia Suzuki. Terlebih dengan kepercayaan mereka terhadap All New Ertiga Hybrid yang telah menggunakan teknologi terbaru yaitu Suzuki Smart Hybrid,” ujar Randy.

Akan tetapi, raihan positif pada September belum mampu mengangkat penjualan retail mobil Suzuki secara akumulatif pada sembilan bulan pertama 2022.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan jumlah unit yang mereka kirim kepada pembeli turun tipis 0,4 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year), dari 63.804 unit ke 63.549 unit.

Suzuki masih ‘setia’ menduduki peringkat lima merek mobil terlaris di Tanah Air. Pangsa pasar mereka sementara ini ialah 8,7 persen—turun dari sebelumnya 10,6 persen.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X