Revitalisasi Taman Pracima di Komplek Pura Mangkunegaran

- Rabu, 9 November 2022 | 18:53 WIB

Edisi.co.id - Kota Solo segera memiliki satu lagi destinasi wisata baru. Lokasinya ada di kawasan Pura Mangkunegaran, tepatnya di taman di sebelah utara barat kompleks Pura Mangkunegaran itu.

 

Area Taman Pura Mangkunegaran atau Taman Pracima atau disebut juga dengan nama Pracima Tuin, saat ini dalam tahap revitalisasi.

 

Sebelum direvitalisasi, taman itu difungsikan sebagai lapangan tenis. Dengan adanya revitalisasi itu, pihaknya berharap kawasan itu akan lebih produktif dan dapat dimanfaatkan masyarakat secara lebih luas sebagai ruang publik, di antaranya sebagai pusat pengembangan seni dan kebudayaan.

 

Terkait konsep Pracima Tuin, Gusti Bhre mengatakan taman itu terinspirasi dari taman kerajaan yang dibangun pada era pemerintahan Sampeyan-dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (SIJKGPAA) Mangkunegara VII yang merupakan kakek buyutnya. Desain arsitektur Pracima Tuin memadukan Jawa dan Eropa karena merupakan akulturasi dari keduanya.

Baca Juga: Kota Depok Dapat Bantuan Keuangan Untuk Revitalisasi Dua Situ

"Taman ini terinsipirasi dari era Mangkunegaran VII, berdasarkan kajian-kajian yang kami lakukan dan ada pendampingan juga dari Balai Pelestarian Cagar Budaya. Jadi yang kita laksanakan semua berdasarkan itu, gambar kerja juga bahkan, seperti tamannya, air mancurnya, dan sebagainya," kata Gusti Bhre.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Ini Adalah Rekomendasi Hotel Kawasan Pecinan

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:20 WIB

Wisata Kopi Indonesia Mempunya Potensi Besar

Senin, 9 Januari 2023 | 03:19 WIB
X