Edisi.co.id - Peristiwa korosi yang merusak struktur logam atau yang dikenal dengan berkarat dapat menimbulkan kerugian. Ditinjau dari sisi ekonomi, banyak kerugian yang dialami per tahun akibat peristiwa korosi.
Rini Riastuti, Guru Besar Tetap dalam Bidang Korosi, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menyebutkan, korosi logam terjadi akibat penurunan kualitas atau perusakan permukaan logam pada lingkungan yang agresif berupa cairan, gas, atau tanah.
"Penampilan visual benda menjadi buruk dan industri mengalami plant downtime (waktu henti pabrik) karena harus menggati peralatan yang terkorosi. Korosi juga menimbulkan loss of product karena adanya kebocoran kontainer, tangki, atau perpipaan, serta loss of efficiency karena industri mengeluarkan biaya cukup tinggi," tutur Rini, Rabu (5/7/2023)
Selain kerugian ekonomi, korosi logam juga dapat menimbulkan kontaminasi yang merugikan kesehatan. Misalnya, apabila kaleng kemasan makanan penyok, makanan yang ada di dalamnya akan terkontaminasi lapisan timah putih dalam kaleng yang terkelupas. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengendalikan dan menghambat reaksi korosi.
Beberapa upaya dapat dilakukan untuk mengendalikan dan menghambat reaksi korosi.
Pertama, melalui penggunaan inhibitor yang aman. Inhibitor adalah zat kimia (organik dan anorganik) yang ditambahkan ke sistem dalam jumlah sedikit, dan membentuk lapisan pasif pada permukaan logam yang akan diproteksi. Biasanya inhibitor berupa cairan ataupun uap yang digunakan pada pipa transportasi air dan minyak ataupun gas.
“Saat ini, mahasiswa Departemen Metalurgi dan Material FTUI banyak melakukan penelitian pemanfaatan tumbuhan, baik daun, buah, maupun kulit kayu, untuk dijadikan inhibitor. Contoh yang sudah diteliti adalah daun sirih, daun teh hijau, daun teh putih, daun sirsak, daun bayam merah, buah jamblang, kayu secang, kulit buah manggis, dan masih banyak lagi. Semua bahan ini mengandung zat polyphenolic dan anthocyanin sebagai antioksidan tinggi yang diharapkan dapat menjadi inhibitor ramah lingkungan,” ujar Rini.
Upaya pencegahan terjadinya korosi logam juga dapat dilakukan dengan metode pelapisan (coating), seperti lapis listrik, galvanisasi, dan organic coating (cat). Pelapisan pada dasarnya memberi penghalang (barrier) untuk menghambat air dan oksigen berkontak langsung dengan permukaan besi. Selain itu, proteksi logam dengan metode proteksi katodik dapat menjadi pilihan untuk industri besar. Metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan anoda korban ataupun impressed current.
Rini menilai proses korosi tidak pernah berhenti. Untuk itu, perlu adanya sosialisassi terkait korosi, mulai dari tingkat edukasi, fungsi dari personel yang diperlukan, serta kursus dan pelatihan tentang kasus korosi. Ada empat kategori yang diidentifikasi oleh European Federation of Corrosion (EFC) untuk personel yang berkecimpung pada kasus korosi.
Kategori A: Corrosion Scientist and Engineers, yaitu mereka yang terlibat pada pengembangan teknik dan metode tentang mekanisme korosi-personel, seperti ahli kimia, ahli metalurgi, ahli fisika, peneliti, dan praktisi.
Kategori B dan C: Corrosion Technologist and Technicians, yaitu mereka yang berkolaborasi langsung dengan ilmuwan, serta memiliki pemahaman prinsip dasar keilmuan dan mampu mengaplikasikannya. Terakhir.
kategori D: Operatives, yaitu personel yang melaksanakan tugas di lapangan di bawah supervise corrosion engineers.
“Selain itu, sangatlah penting untuk praktik secara virtual keseluruhan pengendalian korosi yang berbasis risiko. Biasanya, diawali dengan membuat identifikasi mekanisme utama dari serangan korosi, kemudian dilakukan intervensi yang beralasan. Hal ini dapat mencakup penggantian material, pemilihan inhibitor korosi, atau perubahan desain komponen atau kondisi fisik yang diharapkan. Tahap kritis bervariasi untuk menganalisis korosi sering kali dengan pendekatan permodelan,” pungkasnya.
Artikel Terkait
Kebakaran Besar Landa Pemukiman Padat di Jembatan Besi II Tambora, Jakarta Barat
Proyek Investasi Besi Baja Rp133 Triliun Diumumkan Arab Saudi
Polisi Turun Tangan Akibat Komplotan Pria Ambil Besi Tutup Drainase Di Margonda Depok
Industri Otomotif Jadi Faktor Pendorong Defisit Logam Pada 2023
Ekspor Logam Mulia Berupa Emas dan Perhiasan Awal Tahun 2023 Meningkat Hingga Tembus Rp 12,5 T