• Senin, 16 Mei 2022

Gali Potensi Siswa, SMP PCI Kerjasama dengan Edupotensia Foundation Gelar Psikotes

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 16:25 WIB
Suasana psikotes di SMP Prima Cendekia Islami (PCI)
Suasana psikotes di SMP Prima Cendekia Islami (PCI)

Edisi.co.id, Kabupaten Bandung - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Prima Cendekia Islami (PCI) Baleendah Kabupaten Bandung bekerja sama dengan Lembaga Konsultan Pendidikan “Edupotensia Foundation” menggelar Psikotes bagi seluruh peserta didik kelas 7 Tahun Pelajaran 2021/2022 di Aula Prima Cendekia Islami, Sabtu 22 Januari 2022. 

Psikotes ini digelar guna mengetahui kondisi psikologis siswa dan menggali potensi siswa. Dengan melalui Tes CFIT (Culture Fair Intellegence Test), Tes TPKB (Tes Potensi Keberhasilan Belajar), Tes DAT (Differential Aptitude Test), Tes DISC (Dominance Influence Steadiness Compliance), dan Tes Skala Pemetaan Karir (Tes Karir). Semua tes ini dikerjakan dalam satu waktu. 

Dika Indah Nurhasanah, salah satu Tester Edupotensi Foundation menjelaskan bahwa Psikotes ini bermanfaat untuk lebih mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga: Manfaatkan Limbah Peternakan, Mahasiswa Universitas Persatuan Islam Berhasil Kembangkan Pupuk Organik

“Sehingga apa yang dilakukan sesuai dengan tugas perkembangan dan bakat peserta didik. Guru dan orang tua dapat berkolaborasi mengembangkan potensi tersebut berdasarkan hasil tes,” ujar Dika.

Ia menjelaskan bahwa setiap peserta didik SMP Prima Cendekia Islami memiliki berbagai macam karakter dan keunikannya masing-masing. 

Lebih lanjut disampaikan oleh Dika bahwa ketika guru atau orang tua salah mengukur potensi anak, justru akan membuat anak “salah jalan”.

Baca Juga: Awali Semester Genap, SMP PCI Siapkan Ragam Kegiatan Menarik Bagi Siswa

“Setiap siswa adalah pribadi unik yang memiliki karakter perilaku, potensi, dan kemampuan beragam yang perlu untuk diukur dan dikembangkan secara optimal,” jelas Dika.

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X