• Senin, 16 Mei 2022

Cegah Hoax, PPI 110 Manbaul Huda Gandeng LPPM Unisba Gelar Literasi Digital untuk Orang Tua Santri

- Minggu, 23 Januari 2022 | 15:58 WIB
Foto: Tangkap layar MH Bandung
Foto: Tangkap layar MH Bandung

edisi.co.id, Bandung - Pesantren Persatuan Islam (PPI) 110 Manba’ul Huda (MH) Bandung menggelar acara literasi digital untuk orang tua murid dan santri. Hal ini bertujuan mendorong orang tua santri agar menggunakan internet secara cerdas dan positif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Rangkaian acara webinar literasi digital yang bertajuk “Pelatihan Literasi Digital Bagi Orang Tua: Tabayyun Sebagai Filter Informasi digelar di Pesantren PERSIS 110 Manba’ul Huda di Jl Cijawura Girang IV No 16 Bandung, Sabtu (22/1/2022).

Dengan menghadirkan pembicara dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unisba antara lain Indri Rachmawati, S.Sos., M.I.Kom., Yulianti, S.Sos., M.Si., Raditya Pratama Putra, S.I.Kom., M.I.Kom., dan Tri Nur Aini Noviar, S.Sos., M.Si.

Baca Juga: Mudir Pesantren PERSIS 110 Manba’ul Huda: Pentingnya Pendidikan Al-Qur’an dan As-Sunnah Sejak Anak Usia Dini

Dalam sambutannya Mudir (Kepala Sekolah – red) Tsanamiyah Pesantren PERSIS 110 MH, H. Rofik Husen M.Si menjelaskan di era baru teknologi informasi yang ditandai dengan derasnya arus informasi harus disikapi dengan cerdas oleh masyarakat agar bisa memanfaatkan informasi tersebut

“Diskusi literasi digital ini sebagai salah satu edukasi pemahaman kepada masyarakat perlu dilakukan minimal sebagai pengingat bahwa dibalik derasnya informasi selain ada manfaat juga ada madhorotnya bila informasi yang diterima berupa hoax,” lanjut H. Rofik. 

Ia berharap, semoga dengan kegiatan ini masyarakat pada umumnya, dan keluarga besar MI Manba'ul Huda pada khususnya memiliki imunitas yang memadai guna menangkal hoax. 

Baca Juga: Mudir Pesantren PERSIS 110 Manba’ul Huda: Pentingnya Pendidikan Al-Qur’an dan As-Sunnah Sejak Anak Usia Dini

Sementara Kepala MI Manba'ul Huda Hj. Intan Purbasari, S.Pd.I., menerangakan kegiatan ini menjadikan dari tidak tahu menjadi tahu.

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X