• Sabtu, 1 Oktober 2022

Di Saudi, Menag RI dan Menag Malaysia Bahas Peningkatan Pelayanan Ibadah Haji

- Senin, 21 Maret 2022 | 13:40 WIB
Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

 

Edisi.co.id, Saudi - Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas di sela kunjungan kerjanya di Arab Saudi bertemu dengan Menteri di Jabatan Perdana Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia Datuk H Idris bin H Ahmad.

Kedua pihak sepakat untuk membangun sinergi dalam peningkatan pelayanan haji. "Hari ini saya bertemu Menteri di Jabatan Perdana Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia Datuk Haji Idris Bin Haji Ahmad. Kami sharing pengalaman penyelenggaraan haji sekaligus membangun kolaborasi dalam peningkatan kualitas pelayanan jemaah," ujar Menag di Jeddah, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga: Guru dan Santri PPI 110 Manbaul Huda Sambut Gembira Hadirnya Kantin Nyaman yang Ada Taman Bacaan Didalamnya

Banyak hal yang dibicarakan kedua pihak, mulai dari biaya haji, daftar tunggu jemaah, masalah kuota haji, hingga umrah di masa pandemi. Secara umum, kedua negara serumpun ini memiliki tantangan yang sama. 

"Malaysia yang setiap tahun di masa sebelum pandemi memberangkatkan 30.000 jemaah haji ke tanah suci, sekarang menghadapi antrian jamaah mencapai 141 tahun," tutur Menag.

"Sementara Indonesia, dengan keberangkatan 210.000 jemaah sebelum pandemi, antriannya mencapai 40 tahun," sambungnya.

Baca Juga: Pesantren PERSIS 110 Manbaul Huda Resmikan Kantin MH yang Bersih dan Nyaman

Fakta ini, menurut Menag, merupakan tantangan yang perlu dicarikan solusi, meski tidak mudah. Untuk itu, perlu upaya untuk bisa mencari solusi bersama.

"Tadi kami bersepakat untuk bersama-sama mencari solusi terbaik agar jamaah haji bisa terlayani dengan baik. Biidznillah," harap Menag.

Halaman:

Editor: Henry Lukmanul Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segini Gaji yang Diterima Anggota DPRD Jabar Dudy Pamuji

Jumat, 30 September 2022 | 20:43 WIB
X