• Rabu, 30 November 2022

ICMI ORDA DEPOK GELAR RAPAT KERJA

- Senin, 30 Mei 2022 | 10:41 WIB
Rapat kerja ICMI Orda kota Depok
Rapat kerja ICMI Orda kota Depok

Edisi.co.id- Ahad 29 Mei 2022, ICMI Orda Depok menggelar Rapat Kerja Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia Organisasi Daerah Kota Depok. Rapat Kerja hari ini merupakan bagian dari program 100 hari pertama ICMI Orda Depok sejak dilantik pada 20 Maret 2022.

Acara rapat berlangsung di Lt.4 gedung Lecture Theatre 5 Lantai 4 Jakarta Global University. Dibuka dengan seremoni; menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars ICMI, pembacaan kalam ilahi, dan ditutup dengan doa.

Ketua Majelis Pengurus ICMI Orda Depok Prof. Dr. Eng. Ir. Sri Harjanto pada kata sambutan sesi pembuka menegaskan kembali spirit khidmah ICMI dalam tiga kata; Bersama, Bergerak, Berdaya. Spirit ini dibingkai dalam tagline ICMI Orda Depok; Transformatif & Inspiratif.

Pada kesempatan itu, Prof. Sri menyitir QS. Ali Imran [3] : 104 tentang perlunya kehadiran satu komunitas yang memiliki komitmen yang mengajak komunitas lain kepada kebajikan. ICMI memiliki peluang untuk mengambil peran kebajikan itu di tengah-tengah masyarakat.

ICMI dan Creative Minority

Lebih lanjut, Prof. Sri mengaitkan pemaknaan sekelompok kecil dalam konteks kontemporer dengan gagasan sejarawan Arnold Joseph Toynbee, profesor sejarah Universitas London. Toynbee dalam buku yang ditulisnya sepanjang tiga dekade (1930-1960); A Study of History, menyebut Creative Minority menyasar pada sekelompok minoritas yang kreatif.

Menurut Toynbee, sebuah peradaban itu muncul bukan karena berasal dari individu dengan genetik yang superior, atau karena lingkungan geografis yang menguntungkan. Akan tetapi karena ada individu-individu atau sekelompok orang yang memberikan respon kreatif dari situasi atau kondisi, atau tantangan yang sulit.

Peradaban baru yang dibangun itu akan lebih baik dan berdaya tahan lama ketika ada creative minority ini. Kelompok inilah yang mampu melahirkan ide atau gagasan, metode atau program kerja sebagai upaya realisasi ide dan gagasan tersebut dalam menghadapi dan menjawab tantangan dan masalah yang ada di tengah masyarakat.

Baca Juga: Bela Baitul Maqdis, Ustaz Bachtiar Nasir Ajak Umat Lakukan Hal Ini

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Messi Selamatkan Nyawa Argentina di Piala Dunia 2022

Selasa, 29 November 2022 | 20:44 WIB
X