Kabar Terbaru Harga Tiket Candi Borobudur Naik Rp 750ribu, Berikut Penjelasan

- Senin, 6 Juni 2022 | 10:45 WIB
Candi borobudur
Candi borobudur

Edisi.co.id- Pemerintah mewacanakan akan menaikan harga tiket masuk Candi Borobudur mencapai Rp 750ribu.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, harga tiket Rp750 ribu berlaku untuk turis lokal yang ingin memasuki areal Candi Borobudur. Adapun untuk pelajar, akan dikenai harga tiket sebesar Rp5 ribu. Sementara untuk turis asing, harga tiket naik menjadi 100 dolar AS atau sekitar Rp1,4 juta.

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, langkah menaikkan harga tiket masuk ke Borobudur ini dilakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

"Sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," tulis Luhut dalam unggahan di akun Instagramnya, Sabtu, 4 Juni 2022.

Baca Juga: Wali Kota Depok Resmikan Sekretariat Muhammadiyah Kelurahan Meruyung, Di Dampingi Sekretaris Umum PP

Sementara itu Eddy Setijono selaku Direktur Utama PT Taman Wisata Candi atau PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko mengatakan, "Tiket yang dimaksud dalam penjelasan Pak LBP (Luhut Binsar Pandjaitan) adalah tiket terusan masuk Taman Wisata Candi Borobudur bagi wisatawan yg akan naik bangunan candi. Hal ini diputuskan untuk menjaga dan melestarikan bangunan Candi Borobudur yg mulai terdampak karena adanya kunjungan wisatawan dalam jumlah banyak di masa sebelum pandemi," terang Eddy Setijono

"Jadi landasannya adalah kepentingan konservasi. Kebijakan kuota ditetapkan dengan jumlah maksimal 1.200 orang per hari yang boleh naik bangunan Candi Borobudur. Atas kebijakan kuota tersebut diputuskan kebijakan harga khusus. Untuk wisnus Rp750 ribu, untuk wisman 100 dolar AS, dan untuk pelajar (grup studi tour sekolah /bukan individual) adalah Rp5 ribu," sambungnya

Menurut Eddy, kebijakan itu diambil berdasarkan keputusan rapat koordinasi kementrian dan lembaga, yang dipimpin Luhut Pandjaitan. Meski begitu, belum ada penentuan tanggal berlakunya keputusan tersebut karena masih dalam tahap persiapan.

Masih terkait hal itu, berikut sejumlah fakta kenaikan harga tiket Candi Borobudur:

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

IPeKB Jawa Barat Gelar Rakerda 2023

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:49 WIB

Tak Mempan Bujuk Rayu Parpol Gaet Kaesang

Kamis, 26 Januari 2023 | 14:54 WIB

Dishub dan Satlantas Depok Tutup Lima U-Turn GDC

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:20 WIB

BKD Depok Targetkan PBB-P2 Sebesar 385 Miliar

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:16 WIB

Loksem JP 44 di Pegangsaan Selesai Direvitalisasi

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:03 WIB
X