• Rabu, 30 November 2022

Memberikan Pelayanan ke Masyarakat, PELNI Tambah Kapal di Wilayah Pangkep Sulawesi Selatan

- Senin, 6 Juni 2022 | 11:59 WIB
Salah Satu Kapal Pelni
Salah Satu Kapal Pelni

Edisi.co.id  - Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut menugaskan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) untuk menambah rute tambahan ke wilayah Pangkajene dan Kepulauan.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menumbuhkan sektor perekonomian di wilayah kepulauan khususnya di wilayah 3TP ( tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan).

Sementara itu, PT PELNI (Persero) menginformasikan bahwa terhitung 5 Juni 2022, KM Sabuk Nusantara 85 atau KM Sanus 85 akan melayari rute tambahan ke wilayah Pangkajene dan Kepulauan. Pelayaran perdana KM Sanus 85 diberangkatkan dari Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Minggu (5/6). 

Baca Juga: Kabar Terbaru Harga Tiket Candi Borobudur Naik Rp 750ribu, Berikut Penjelasan

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI Yahya Kuncoro menyebutkan bahwa tambahan rute KM Sanus 85 dilatari oleh permintaan Bupati Pangkajene dan Kepulauan kepada Menteri Perhubungan. 

"Permintaan tersebut dijawab oleh Kementerian Perhubungan dengan menambahkan rute tambahan KM Sanus 85, yang tadinya hanya menyinggahi 15 pelabuhan dalam satu trip. Diharapkan kehadiran KM Sanus 85 dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan menghadirkan pelayaran yang aman dan mendorong perekonomian setempat," ucap Yahya. 

KM Sanus 85 yang semula melayari rute Makassar - Selayar - Jinato -  Kayuadi - Jampea - Bonerate - Kalatoa (PP), terhitung 5 Juni 2022, rutenya menjadi Makassar - Macini Baji - Dewakang Lampo - Kalukalukuang - P. Pammantawang - Kalukalukuang - Dewakang Lampo - Maccini Baji - Makassar - Selayar - Jinato -  Kayuadi - Jampea - Bonerate - Kalatoa (PP). 

Baca Juga: Mulai Hari Ini 26 Titik Ruas Jalan di Jakarta Diberlakukan Peraturan Ganjil Genap

Dalam suratnya, Bupati Pangkajene dan Kepulauan menyampaikan bahwa layanan transportasi laut di wilayahnya hanya dilayani oleh satu kapal perintis, KM Sanus 66, dengan waktu tunggu kedatangan per 10 hari. 

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Messi Selamatkan Nyawa Argentina di Piala Dunia 2022

Selasa, 29 November 2022 | 20:44 WIB
X