• Rabu, 30 November 2022

Telah Isu Harga Tiket Candi Borobudur Naik Rp 750ribu, Ganjar Bertemu Luhut Sepakat Tunda Kenaikan Tersebut

- Rabu, 8 Juni 2022 | 07:55 WIB
Menteri Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Humas Jateng
Menteri Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Humas Jateng

Edisi.co.id- Setelah tersebar isu yang beredar ke publik mengenai harga tiket Candi Borobudur naik mencapai Rp 750.000, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu dengan Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Rumah Dinas Gubernur (Puri Gedeh), Selasa, 7 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Ganjar mengusulkan agar kenaikan tarif naik ke area stupa Candi Borobudur ditunda. Pasalnya, banyak masyarakat yang melayangkan protes atas tingginya harga baru yang rencananya akan ditetapkan pengelola.

Ganjar menyampaikan saran untuk menunda kenaikan tarif tersebut diterima dan disetujui oleh Luhut.

“Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu, dan memang TWC (Taman Wisata Candi) sama balai sedang komunikasi, maka masyarakat tidak perlu resah. Itu penting untuk disampaikan,” kata Ganjar, Selasa.

Ganjar menyampaikan diperlukan beberapa langkah sebelum memutuskan untuk menaikkan tarif. Pihak pengelola Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur harus melakukan kajian kembali bersama Balai Konservasi Borobudur untuk menetapkan rencana tersebut.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, harus dicetuskan skema-skema terbaik untuk mengatur pembatasan kuota yang hendak naik ke atas candi. Salah satunya penentuan tarif masuk.

Baca Juga: Mulai Hari Ini 26 Titik Ruas Jalan di Jakarta Diberlakukan Peraturan Ganjil Genap

“Memang setelah itu TWC pun menyampaikan akan ditindaklanjuti dengan balai. Itu artinya butuh pranata regulasi terus kemudian kelayakan dari tarif yang ada, mekanismenya, karena mereka yang akan mengeksekusi,” tutur Ganjar.

Ganjar menegaskan masyarakat juga harus diberikan penjelasan bahwa ada perbedaan antara masuk ke kawasan dengan naik ke area stupa Candi Borobudur.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Sumber: Humas Jateng

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Messi Selamatkan Nyawa Argentina di Piala Dunia 2022

Selasa, 29 November 2022 | 20:44 WIB
X