• Rabu, 28 September 2022

Dompet Dhuafa Canangkan Program Tebar Hewan Kurban 1443 H JadiManfaat

- Kamis, 16 Juni 2022 | 17:03 WIB
Program Dompet Dhuafa Tebar Hewan Kurban JadiManfaat
Program Dompet Dhuafa Tebar Hewan Kurban JadiManfaat

Edisi.co.id -  Ada kecemasan peternak pada Iduladha 1443 H, dimana saat ini merebak wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal tersebut terungkap dalam konferensi pers yang digelar Dompet Dhuafa di Jalan Sabang Jakarta Pusat. 

Efek dari PMK menjadikan pendapatan peternak yang seharusnya  bisa melonjak akan kebutuhan kurban tahun ini bisa berkurang, apalagi para peternak kecil yang mengandalkan kurban maupun pasar hewan sebagai penggerak ekonomi. 

Untuk membantu peternak dari dampak PMK tersebut Dompet Dhuafa (DD) melalui program Tebar Hewan Kurban membangun Sentra Ternak yang melibatkan peternak lokal dan tersebar di 12 Provinsi. 

Dian Mulyadi Ketua Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa mengharapkan dengan adanya sentra ternak tersebut dapat mencapai target mendristribusikan 40.000 hewan kurban ke wilayah 3T (terpencil, tertinggal dan terluar) di Indonesia serta beberapa wilayah di luar negeri, sehingga kurban #JadiManfaat .

Baca Juga: Miliki Pengalaman Baru! Siswa SMP PCI Ungkapkan Kebahagiaan dan Bangga Ikut Rihlah Ilmiah 2 Hari di Jakarta

“Terkait PMK, Dompet Dhuafa turut melakukan mitigasi dengan detail. Kami melibatkan banyak mitra dari Dinas Kesehatan Hewan serta dokter-dokter hewan, untuk ikut terlibat dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban di kandang-kandang kami, agar menjadi jaminan bagi para pekurban donatur Dompet Dhuafa,” papar Dian Mulyadi, Kamis (16/6/2022).

Sementara itu mitra ternak Dompet Dhuafa Eko Aris Setyawan dari Madiun sangat merasakan manfaat  dari kemitraan yang dibina oleh Domper Dhuafa.

"8 (delapan) bulan sebelum iduladha hewan-hewan kami sudah dimasukan ke kandang. Dan secara rutin petugas dari Dompet Dhuafa  melakukan kontrol. Kita sebenarnya cemas dengan situasi ini. Ini seperi covid hewan. Tapi kami merasa terbantu oleh Dompet Dhuafa" terang Eko.

Baca Juga: Kongres Halal Internasional 2022 Cetuskan 9 Butir Resolusi Halal Dunia

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pokja Lansia di Limo Depok Mendapatkan Pembinaan

Selasa, 27 September 2022 | 13:20 WIB

83 Juta Lebih Warga Jabar Sudah Mencapai Target Vaksinasi

Selasa, 27 September 2022 | 13:15 WIB
X