• Kamis, 8 Desember 2022

Rekomendasi Munas I JATTI: Soal Politik Akhlak Mulia hingga Dukungan Lawan Islamophobia

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:43 WIB
Munas JATTI di Jakarta
Munas JATTI di Jakarta

Edisi.co.id —Musyawarah Nasional I Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) berlangsung sukses. Munas yang digelar di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Jumat-Ahad, 17-19 Juni 2022 itu menetapkan Ustaz Bachtiar Nasir sebagai Ketua Umum DPP JATTI periode 2022-2025. Sementara M. Irawan Taqwa ditetapkan sebagai Sekretaris Jenderal dan KH Muhyiddin Junaidi sebagai Ketua Dewan Pembina.

Ketua Umum JATTI Ustaz Bachtiar Nasir mengatakan, JATTI memiliki peran sebagai mitra pemerintah dan pelayan ummat (syariikul hukuumah wa khaadimul ummah). Untuk itu, Munas I JATTI menyepakati poin-poin rekomendasi yang memfokuskan pada peran tersebut.

“Rekomendasi terdiri dari berbagai bidang, baik isu-isu nasional maupun internasional,” kata Ustaz Bachtiar Nasir kepada media, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Wings Group Dukung Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

UBN, demikian sapaan karibnya, menjelaskan poin-poin rekomendasi tersebut. Pada poin pertama bidang dakwah dan sosial, menyerukan segenap elemen bangsa untuk memproses dan mengawal peralihan kepemimpinan nasional 2024 berdasarkan nilai-nilai akhlak yang mulia dan menjauhi politik uang.

Kedua, menghimbau partai-partai politik untuk membuka bursa kepemimpinan nasional 2024 bagi tokoh-tokoh umat yang memiliki kriteria jujur, amanah, cerdas, dan berintegritas.

Ketiga, meminta pemerintah RI untuk sungguh-sungguh melakukan rekonsiliasi nasional, dengan membebaskan tokoh-tokoh ulama dan aktivis yang ditahan karena isu politik.

Baca Juga: Kerjasama dengan RSAU M. Hassan Toto Atang Sanjaya, DP3AP2KB Kabupaten Bogor Kejar Target Akseptor MOW/MOP

Keempat, mendorong ormas-ormas Islam meningkatkan kepedulian sosial untuk meringankan dampak pandemi Covid-19, seperti dengan mendirikan panti-panti sosial, menyediakan layanan pendidikan gratis, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X