• Rabu, 28 September 2022

Kenaikan Harga BBM Perlambat Kunjungan Wisatawan ke Bali Ungkap Bank Indonesia

- Selasa, 20 September 2022 | 10:08 WIB

Edisi.co.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali memprediksi pemulihan ekonomi di Pulau Dewata tetap berjalan, meskipun kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) akan berdampak pada kenaikan inflasi.

"Kenaikan BBM akan menyebabkan kenaikan inflasi, namun tidak akan berdampak secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Bali," kata Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho di Denpasar.

Baca Juga: Kegiatan Donor Darah Oleh Aston Inn Pandanaran Semarang

Sebelumnya BPS Provinsi Bali mencatat ekonomi Bali pada triwulan II-2022 tumbuh sebesar 3,04 persen (yoy), sedangkan inflasi Bali pada Agustus 2022 tercatat sebesar 6,38 persen.

"Jadi, memperhatikan tren pertumbuhan ekonomi dan laju inflasi yang meningkat dalam level yang wajar, maka diperkirakan proses pemulihan ekonomi Bali tetap berjalan dan Bali tidak akan mengalami stagflasi," ujar Trisno.

Trisno menambahkan, kenaikan harga BBM memiliki dampak langsung maupun tidak langsung terhadap inflasi. Dampak langsung merupakan dampak kenaikan harga BBM itu sendiri sebagai bagian dalam inflasi.

Sementara itu untuk dampak tidak langsung, kenaikan harga BBM akan menyebabkan kenaikan tarif angkutan penumpang. Kenaikan tarif angkutan dalam kota dan angkutan antar kota ditetapkan oleh Organda dan pemda.

Kemudian kenaikan BBM akan menyebabkan kenaikan biaya angkut barang, yang selanjutnya berdampak pada kenaikan harga barang.

"Semoga inflasi karena kenaikan BBM ini hanya 'one shot' di September saja dengan kisaran 1-1,5 persen. Sedangkan Oktober hingga Desember sudah stabil, yang sudah diupayakan pemerintah dengan bantuan sosial. Selain itu diharapkan Oktober-Desember ada komoditas yang deflasi," katanya.

Halaman:

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertumbuhan Ekonomi Terhambat, BI Naikkan Suku Bunga

Senin, 26 September 2022 | 15:20 WIB

Daftar Tarif Terbaru Layanan Grab

Senin, 26 September 2022 | 15:10 WIB

Pelabuhan Prigi Menjadi Pengungkit Ekonomi Pesisir

Senin, 26 September 2022 | 14:25 WIB

BI Perkiraan Ekonomi Global Tahun Depan Anjlok

Jumat, 23 September 2022 | 10:36 WIB

Bersama Alit Indonesia Kadin Gali Potensi Ekonomi Desa

Kamis, 22 September 2022 | 10:25 WIB
X