• Selasa, 26 Oktober 2021

Yuk Kenali Sejarah Hari Olahraga Nasional

- Kamis, 9 September 2021 | 12:15 WIB
Peringatan HAORNAS 2021 ( Tangkap layar live streaming Peringatan Haornas 2021)
Peringatan HAORNAS 2021 ( Tangkap layar live streaming Peringatan Haornas 2021)

Edisi.co.id- Tepat hari ini diperingati dengan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS). Haornas ditetapkan berdasarkan tanggal Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta pada tanggal 9 hingga 12 September 1948. Tanggal pembukaan yakni 9 September dijadikan sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Awal mula PON diadakan di Surakarta ini pada 9-12 September 1948 ini terbentuk akibat kegagalan atlet Indonesia untuk belaga di Olimpiade Musim Panas XIV di London.

Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) dan dibantu oleh Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) mempersiapkan atlet namun Indonesia belum diakui sebagai anggota International Olympic Committee (IOC) dan sejumlah delegasi Indonesia tidak dapat berangkat karena paspor belum diakui oleh Pemerintah Inggris.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Siap Melakoni Debut Bersama Manchester United Akhir Pekan Ini

Hal tersebut disebabkan oleh pengakuan dunia atas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum diperoleh saat itu. Untuk berpartisipasi pada Olimpiade Musim Panas XIV, atlet-atlet Indonesia hanya dapat berpartisipasi dengan menggunakan paspor Belanda. Namun atlet Indonesia hanya ingin hadir di London dengan membawa nama Indonesia.

PON ke-1 diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 9 September 1948 diikuti oleh sekitar 600 atlet yang bertanding pada 9 cabang olahraga yang merebutkan 108 medali. Pada pelaksanaan PON perdana itu, sebanyak 13 karesidenan atau kota turut ambil bagian. Di antaranya yaitu Yogyakarta, Madiun, Magelang, Semarang, Bandung, Malang, Surakarta, Surabaya, Pati, Kedu, Banyuwangi, dan Jakarta.

Hari Olahraga Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional oleh Presiden Soeharto. Perumusan Haornas ini dilakukan di Surakarta pada 9 September 1983 sebagai langkah awal gerakan kepada masyarakat untuk terus membudayakan olahraga dalam kehidupan sehari-hari.

Editor: Rohmat Rospari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Pertemuan Leicester City vs Manchester United

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 22:28 WIB

Sejarah Julukan Klub Leicester City

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 22:21 WIB
X