• Jumat, 1 Juli 2022

Ini Nama Tokoh Betawi yang Kini Menjadi Nama Jalan di Jakarta

- Selasa, 21 Juni 2022 | 00:23 WIB
Nama Tokoh Betawi diabadikan sebagai Nama Jalan dan Gedung
Nama Tokoh Betawi diabadikan sebagai Nama Jalan dan Gedung

Edisi.co.id - Pemprov DKI Jakarta mengabadikan nama sejumlah  Tokoh Betawi untuk dijadikan nama jalan dan gedung. Secara simbolis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan penamaan ini di Perkampungan Betawi Setu Babakqn pada Senin 20 Juni 2022.

Berikut  rincian nama Tokoh Betawi yang diabadikan menjadi nama jalan di DKI Jakarta; 

Di Jakarta Pusat

1. Tino Sidin adalah seorang tokoh seni lukis dan pendidikan melukis/menggambar anak yang terkenal karena mengisi pogram TV di TVRI, juga dikenal pada era revolusi kemerdekaan berperan dalam militer. Namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Cikin VII.

2. Mahbub Djunaidi adalah seorang tokoh yang dikenal sebagai ketua umum pertama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), juga dikenal sebagai wartawan, sastrawan, kolumnis, agamawan dan politikus. Namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Srikaya, sekitar Kebon Sirih.

Baca Juga: Sejumlah Nama Tokoh Betawi Dijadikan Nama Jalan di Jakarta

3. Raden Ismail adalah kemenakan dari pahlawan nasional MH Thamrin yang aktif di dunia seni peran yang pernah berkeliling hingga ke Singapura, Malaya dan Thailand bersama grup opera dan dikenal sebagai aktor Betawi era 1950-an. Namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Buntu.

4. A. Hamid Arief adalah seorang aktor Indonesia yang aktif pada era tahun 1950-1980-an. Namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Tanah Tinggi 1 Gang 5.

5. H. Imam Sapi’ie adalah Pahlawan Kemerdekaan yang berjuang melawan penjajah, pernah diangkat menjadi Menteri Urusan Keamanan Rakyat pada zaman revolusi. Namanya diabadikan sebagai nama jalan di Jalan Senen Raya.

Halaman:

Editor: Ilham Dharmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X